Workshop the 7th ASEAN+3 Oil Stockpiling Roadmap

Jakarta, Workshop the 7th Oil Stockpiling Roadmap (OSRM) telah dilaksanakan pada 24 Juli 2019 di Jakarta. Pertemuan dihadiri oleh Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Vietnam, China, Jepang, Korea, ASEAN Centre for Energy (ACE), ASEAN Council on Petroleum (ASCOPE), Japan Oil, Gas and Metals National Corporation (JOGMEC), dan The Institute of Energy Economics Japan (IEEJ).

Pada pertemuan ini, ACE menyampaikan laporan OSRM Workshop ke-6 sebelumnya yang telah dilaksanakan di Bangkok pada 28 Maret 2018 lalu. Workshop OSRM ke-6 memberikan rekomendasi kepada ASCOPE dan APSA Task Force untuk menyelaraskan langkah berikutnya dengan APAEC MidTerm Review dan perkembangan APAEC Phase II 2021-2025.

Selain itu, ASCOPE selaku focal point ASEAN Petroleum Security Agreement (APSA) menyampaikan status bahwa program area kerja sama APSA akan dipertahankan sebagaimana status saat ini hingga berakhirnya masa berlaku perjanjian pada tahun 2023.

Jepang selaku mitra plus 3 ASEAN menyampaikan kembali proposal kerja sama capacity building program di Jepang dengan fokus mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi oleh tiap negara ASEAN.

Seluruh negara anggota ASEAN yang hadir pada workshop ini juga menyampaikan paparan terkait status oil and gas stockpiling di negaranya masing-masing. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.