Umumkan Pemenang Lelang WK Akia, Beluga, dan Bengara I : “Pemerintah Harapkan Komitmen KKKS Pemenang Lelang”

Tangerang Selatan, Komitmen kontraktor dalam mengembangkan wilayah kerjanya memegang peranan penting dalam mendukung upaya Pemerintah untuk penyediaan energi di Indonesia. Pemerintah berpesan kepada pemenang lelang “agar dapat bersungguh-sungguh melaksanakan komitmen-komitmennya sehingga dapat ikut berperan aktif dalam pemenuhan kebutuhan energi domestik di masa depan” ungkap Direktur Pembinaan Usaha Hulu, Noor Arifin Muhammad.

Pesan tersebut diungkap oleh Noor Arifin, pada saat mengumumkan Pemenang Lelang Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023, pengumuman tersebut bertepatan dengan acara Penutupan IPA Convex ke-47, bertempat di ICE BSD Serpong, Selasa (25/7).

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menetapkan Pemenang Lelang Penawaran Wilayah Kerja Migas Tahap I Tahun 2023 untuk Wilayah Kerja Akia, Beluga (Penawaran Langsung) dan Bengara I (Penawaran Langsung tanpa Studi Bersama). Lelang ketiga WK tersebut dimulai tanggal 10 April 2023 dan berakhir 22 Mei 2023.

Jumlah total investasi komitmen pasti dari 3 WK tersebut adalah sebesar US$22.200.000 dan bonus tanda tangan sebesar US$650.000.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas menyampaikan, Wilayah Kerja Akia berlokasi di lautan Provinsi Kalimantan Utara dengan luas area 8.394,05 km2 dan potensi sumber daya minyak bumi sebesar 2 BBO serta gas bumi sebesar 9 TCF. Sedangkan Wilayah Kerja Beluga, berlokasi di lautan Natuna Barat, dengan luas area 8.472,44 km2 dan potensi sumber daya minyak bumi sebesar 360 MMBO serta gas bumi sebesar 50 BCF.

Sementara Wilayah Kerja Bengara I, berlokasi di daratan Provinsi Kalimantan Utara, dengan luas area 922,17 km2 dan potensi sumber daya minyak dan gas bumi sebesar 91 MMBOE.

Saat ini, masih terdapat Lelang Reguler yang masih ditawarkan yaitu WK Natuna D-Alpha, WK Panai dan WK Patin. “Kami mengundang calon investor dan perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki kapabilitas serta memenuhi syarat dapat bekerja sama dengan kami untuk mengembangkannya”, tutur Noor Arifin.

“Bagi Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang berminat, registrasi dan akses Bid Document dapat dilakukan melalui website online lelang Wilayah Kerja Migas sesuai dengan jadwal yang ada di https://esdm.go.id/wkmigas”, pungkas Noor Arifin.

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.