Uji Coba Distup LPG 3 Kg: Kartu Non Tunai Tidak Dikenai Biaya

Tarakan, Uji coba sistem distribusi tertutup LPG 3 kg disambut baik masyarakat Tarakan. Apalagi dengan sistem ini, mereka dapat memperoleh rekening bank dan kartu secara gratis serta tidak dikenai biaya administrasi bulanan.

Hal itu mengemuka dalam kunjungan kerja Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja ke pangkalan LPG di Kampung Empat, Tarakan Timur, Kamis (15/9). Di pangkalan LPG ini, Dirjen Migas sempat menyaksikan contoh penggunaan kartu non tunai. Setiap pembelian tabung LPG 3 kg, kepada pembeli diberikan struk yang di dalamnya juga tertera sisa kuota yang dimiliki. Untuk rumah tangga, tiap bulan mendapat 3 tabung, sementara usaha mikro 9 tabung.

Kartu non tunai dalam uji coba ini disediakan secara cuma-cuma oleh Bank BNI, setelah memperoleh data masyarakat yang telah diverifikasi. "Masyarakat yang mendapat kartu harus punya rekening bank dan itu kami bikinkan secara gratis. Tidak ada biaya bulanan maupun administrasi. Kalau kartu hilang atau rusak, baru nanti dikenakan biaya untuk kartu baru," papar Hardi Nurdi, Corporate Relations Manager Kantor Pusat Bank BNI.

Tak hanya kartu, terhadap seluruh pangkalan juga diberikan mesin EDC secara gratis dan setiap minggu, tim dari Bank BNI secara rutin melakukan pemeriksaan kehandalan kerjanya.

Dirjen Migas menilai,  sistem yang dibangun oleh Bank BNI  sangat bagus dan  simpel sehingga masyarakat dan pemilik pangkalan  bisa dengan cepat menggunakan sistem pembelian LPG 3 kg secara non cash. Kartu ini juga dapat digunakan sebagai kartu tabungan, pembayaran listrik dan sebagainya.

Terkait pemilihan Tarakan sebagai tempat uji coba, menurut Wirat, lantaran Tarakan merupakan satu pulau sehingga bisa dikatakan tertutup. Selain itu, pemerintah daerahnya yang kooperatif dan bersemangat menetapkan sistem distribusi tertutup agar pasokan LPG 3 kg untuk masyarakatnya lebih terjamin. 

Dalam kesempatan itu, Walikota Tarakan Sofian Raga, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Pemerintah untuk membangun energi rumah tangga di Tarakan. Dia mengharapkan agar seluruh  masyarakat Tarakan dapat ikut berpartisipasi menyukseskan program distribusi tertutup LPG 3 kg. (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.