The 11th ASEAN Australia-New Zealand Free Trade Agreement FJC

Jakarta, Rangkaian pertemuan the 11th ASEAN Australia-New Zealand Free Trade Agreement-Joint Committee (AANZ-FJC) and Related Meetings telah dilaksanakan pada 28 April-3 Mei 2019 di Melbourne, Australia. Agenda utama rangkaian pertemuan AANZ-FJC adalah membahas berbagai isu implementasi AANZFTA, menindaklanjuti rekomendasi Stage Two General Review of the AANZFTA Agreement, dan kerja sama ekonomi.

Pertemuan dipimpin bersama oleh Brunei Darussalam, Australia, dan Selandia Baru. Hadir dalam pertemuan seluruh perwakilan negara anggota ASEAN, Australia dan Selandia Baru serta Sekretariat ASEAN. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Donna Gultom, Direktur Perundingan ASEAN Kementerian Perdagangan.

Tekait implementasi AANZFTA, pertemuan mencatat bahwa Indonesia telah mengimplementasikan secara penuh First Protocol to Amend the Agreement Establishing the AANZFTA sejak 1 Maret 2019 dengan masa transisi satu bulan hingga 31 Maret 2019. Pertemuan kali ini juga menindaklanjuti mandat dari Para Menteri Ekonomi pada pertemuan ke-23 AEM-CER Consultations bulan September tahun lalu untuk menyusun work plan implementasi Recommendations for General Review Stage Two yang memuat elemen baru yang akan ditingkatkan dalam perjanjian saat ini.

Pada rangkaian pertemuan ini dilakukan juga perayaan ulang tahun ke-10 penandatanganan AANZFTA dalam bentuk panel akademisi dan panel para perunding AANZFTA untuk mendapatkan masukan dan saran dalam meningkatkan kerja sama AANZFTA. Panel dalam rangka perayaan ulang tahun ini juga ditujukan untuk mendiskusikan kerja sama lainannya dalam konteks ekonomi dan perdagangan yang lebih luas. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.