Temu Ramah Menteri ESDM dengan Keluarga Besar Sektor ESDM

Jakarta, Menyambut bulan suci Ramadhan serta untuk meningkatkan silaturahmi, Menteri ESDM Sudirman Said menggelar acara Temu Ramah dengan Keluarga Besar Sektor ESDM di halaman Kantor Kementerian ESDM, Selasa (16/6). Selain dihadiri para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM, tampak pula Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto , Dirut PT PGN Hendi Prio Santoso, mantan Ketua Tim Reformasi Migas Faisal Basri, wakil KKKS dan perusahaan batubara dan undangan lainnya.

Rangkaian acara ramah tamah diisi dengan pemberian bea siswa pendidikan secara simbolis kepada 20 putra dan putri pegawai Golongan I dan II, petugas cleaning service, petugas pengamanan/disetarakan, serta putra dan putri pegawai Golongan III dan IV yang berprestasi di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Bantuan pendidikan diberikan kepada 1.684 orang, terdiri atas siswa SD sebanyak 792 orang, siswa SLTP sebanyak 350 orang, siswa SLTA sebanyak 263 orang dan perguruan tinggi sebanyak 279 orang.

Besaran bantuan pendidikan yang diberikan, untuk tingkat SD diberikan Rp 400.000 atau Rp 4.800.000 selama 1 tahun, tingkatSLTP sebesar Rp 600.000 per bulan atau Rp 7.200.000 selama 1 tahun, tingkat SLTA Rp 750.000 per bulan atau Rp 9.000.000 selama 1 tahun dan tingkat perguruan tinggi sebesar Rp 1.000.000 atau Rp 12.000.000 selama 1 tahun. Untuk teknis pembayaran, bantuan pendidikan akan diberikan setiap tiga bulan sekali.

Dana beasiswa ini, menurut Menteri ESDM, berasal dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan sektor ESDM. Hal ini menunjukkan kepeduliaan stakeholder sektor ESDM terhadap siswa yang kurang mampu dan berprestasi. “Pemberian secara simbolis beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian stakeholder kepada adik-adik kita, saya dan tim dalam proses bagaimana caranya memperbaiki kesejahteraan bagi para karyawan,” katanya.

Selain itu, Kementerian ESDM juga berencana akan membangun rumah untuk para pegawai golongan II ke bawah." Ini bukan kampanye. Ini rencana Sekjen dan Insya Allah dalam waktu dekat dapat direalisir karena budget-nya mudah-mudahanan ada, tanahnya ada," tambahnya.

Pemberian beasiswa dan pembangunan rumah untuk pegawai golongan bawah, lanjut dia, merupakan usaha yang dilakukan Kementerian ESDM untuk mengurangi beban karyawan yang penghasilannya terbilang kecil. Untuk golongan pegawai menengah ke atas, Pemerintah berupaya dengan meningkatkan besaran tunjangan kinerja.

Dalam kesempatan itu, Menteri ESDM juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari dalam maupun luar Kementerian ESDM yang diberikan kepadanya selama memimpin instansi ini. Acara juga diisi dengan hiburan dan ramah-tamah serta shalat Magrib berjamaah. (TW/NOK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.