Sustainable Partnership Dinilai Mampu Dongkrak Investasi Hulu Migas

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menawarkan satu konsep untuk mendongkrak lemahnya investasi di bidang hulu dan eksplorasi minyak dan gas (migas) dengan yaitu sustainable partnership atau kemitraan berkelanjutan.

“Saya ingin menawarkan satu konsep kepada industri ini, bahwa kita harus mendesain ulang supaya ketemu satu titik yang disebut sustainable partnership,” ucap Sudirman Said dalam acara The 40th IPA Convention dan Exhibition di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (25/5).

Sudirman menjelaskan lebih lanjut, di tengah isu lemahnya bidang investasi hulu dan eksplorasi migas serta harga minyak,  ada suatu pencapaian yang baik jika melihat tenaga ahli nasional yang bekerja pada perusahaan-perusahaan terbaik di dunia karena ini berarti akan terjadi kesetaraan. Hal ini dapat berpengaruh juga pada struktur biaya.

Ke depannya, Sudirman berharap melalui acara yang diselenggarakan IPA ini dapat memunculkan gagasan yang baru serta inovasi-inovasi cara baru dalam bekerja ke depannya dan melihat juga inovasi bagi para perusahaan migas pada nantinya.

Menteri ESDM mengatakan, dirinya akan berusaha mengelaborasi ide apa saja untuk mendongkrak investasi pada bidang hulu dan eksplorasi migas ini. “Saya akan mengelaborasi apa-apa yang bisa menjadi ide ke depan, bagaimana mulai membagi split, bagaimana menetapkan jangka waktu dari kontrak akan jadi menarik, kemudian peran Pemerintah nantinya apa yang bisa dilakukan  untuk membuat kemitraan investor dengan negara lebih long lasting,” paparnya.

Sudirman juga menilai perlunya memperjuangkan kepastian hukum industri migas. “Yang namanya kepastian mesti diperjuangkan, tidak mungkin datang sendiri, karena itu industri bersama-sama pemerintah dan bersama seluruh stakeholder harus memperjuangkan kepastian, ini kepastian hukum ke depan,” tutupnya.  (AN)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.