Sosialisasi dan Pelatihan Pemadaman Api dan Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran

Selasa, 8 Agustus 2023 LEMIGAS melaksanakan Sosialisasi, Pemadaman Api dan Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran yang diadakan di Lapangan Upacara Komplek Perkantoran BBPMGB LEMIGAS.

Sehubungan dengan Peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 08 Tahun 2008, mengenai tentang Pencegahan Penanggulangan Bahaya Kebakaran. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan pegawai dalam Pemadaman Api dan Penanganan Tanggap Darurat Bahaya Kebakaran, Komite K3L LEMIGAS mengadakan pelatihan bersama dengan beberapa tim dari Dirjen Migas, BBSPKEBTKE, dan beberapa Perusahaan yang bertempat di LEMIGAS serta pihak ke-3 yang bekerja di lingkungan perkantoran LEMIGAS. Jumlah peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini sekitar 165 orang yaitu dari Dirjen Migas, LEMIGAS, Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi serta beberapa instansi dan perusahan yang berkantor di LEMIGAS.

Acara sosialisasi dan pelatihan yang dimulai pada pukul 8.00 WIB dan dibuka oleh Kepala BBPMGB LEMIGAS yang di wakili oleh Kepala Bidang Umum LEMIGAS, Basuki,  serta sambutan dari Direktur Teknik dan Lingkungan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi yang diwakili oleh Onne Aswin Alamsyah, Subkoordinator Keselamatan Pekerja dan Umum Hilir Minyak dan Gas Bumi, Dirjen Migas. Dalam sambutannya Onne Aswin mengungkapkan, “Sosialisasi dan pelatihan hari ini sangat penting karena tentunya akan memberikan pengetahuan tambahan kepada kita, untuk selalu mengingatkan bahwa bahaya kebakaran itu bisa terjadi di mana saja termasuk di kantor”.

Kegiatan yang dilaksanakan secara gabungan ini bertujuan dalam rangka melatih keterampilan seluruh pegawai yang ada dilingkungan perkantoran sehingga lebih menyadari akan pentingnya keselamatan dalam bekerja. Komite K3L berharap seluruh pegawai terutama yang bekerja di laboratorium mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi akan bahaya kebakaran karena di dalam laboratorium banyak terdapat bahan kimia yang mudah terpicu terjadinya kebakaran.

Sosialisasi dan pelatihan yang dilanjutkan dengan pemadaman api dengan menggunakan karung basah dan APAR ini didampingi oleh tim Damkar Jakarta Selatan.  Untuk memberikan arahan dan pelatihan dalam menghadapi tindakan pertama dalam menghadapi kebakaran, Tim Damkar Jakarta Selatan memberikan simulasi cara penanggulangan pemadaman api pada kebocoran tabung gas. (WD)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.