Sidang Komite TRIMs WTO

Jakarta, Indonesia saat ini aktif dalam berbagai perundingan perdagangan baik forum bilateral, regional, maupun multilateral. Sebagai salah satu negara anggota WTO (World Trade Organization), Indonesia cukup aktif dalam pertemuan Sidang Komite TRIMs (Trade Related Investment Measures).

Sebagai informasi, Sidang Komite TRIMs dilaksanakan dua kali dalam setahun. TRIMs merupakan suatu perjanjian tentang aturan investasi yang menyangkut perdagangan. Kesepakatan TRIMs dimaksudkan untuk mengurangi atau menghapus kegiatan perdagangan dan meningkatkan kebebasan kegiatan investasi antar negara. Tujuan utama TRIMs adalah untuk menyatukan kebijakan dari negara-negara anggota dalam hubungannya dengan investasi asing dan mencegah proteksi perdagangan sesuai dengan prinsip-prinsip GATT (the General Agreement on Tariffs and Trade).

Pada tahun ini, Sidang Komite TRIMs pertama dilaksanakan pada 6 Juni 2019, sedangkan pertemuan ke-2 dilaksanakan pada tanggal 13 November 2019 di Jenewa.

Agenda Sidang Komite TRIMs beberapa tahun terakhir salah satunya membahas kewajiban TKDN di sektor energi. Sidang Komite TRIMs merupakan forum tanya jawab antar negara anggota untuk mendapatkan penjelasan kebijakan investasi negara-negara anggota yang dipandang tidak sesuai dengan ketentuan WTO. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.