Serah Terima dan Pembekalan Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Periode 2023-2025

Jakarta, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menghadiri serah terima Pejabat Liaison Officer (LO) Susmar Direktorat Jenderal Migas Angkatan 17 periode 2021-2023 ke Pejabat LO Susmar Direktorat Jenderal Migas Angkatan 18 periode 2023-2025, bertempat di Hotel Papandayan Bandung, Jumat (6/10). Acara serah terima Pejabat LO Susmar Ditjen Migas tersebut, dihadiri juga oleh Asisten Personel Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda Rahmad Wahyudi, SE, M,Tr, (Han) dan jajarannya, Perwakilan dari Kementerian ESDM, Perwakilan dari BPMA, Perwakilan Ditjen Migas, Perwakilan dari KKKS, Kepala Susmar Ditjen Migas, dan Para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas.

Prosesi serah terima Pejabat LO Susmar Ditjen Migas ditandai dengan pelepasan tanda pengenal Perwira Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Angkatan 17 yang diwakili oleh Letkol Laut (KH) Mulyono dan pemasangan tanda pengenal kepada Perwira Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Angkatan  Angkatan 18 yang diwakili Kapten Marinir Nasib Supriyadi, oleh Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji dengan didampingi oleh Asisten Personel Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda Rahmad Wahyudi, SE, M,Tr, (Han). Selain itu, dilakukan penyerahan cinderamata dari Direktur Jenderal Migas Tutuka Ariadji kepada Asisten Personel Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda Rahmad Wahyudi, SE, M,Tr, (Han).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Peranan Susmar Direktorat Jenderal Migas sangatlah penting dalam melaksanakan pengawasan kegiatan minyak dan gas bumi di lepas pantai, dan turut serta membantu pengamanan objek vital nasional dari aspek kemaritiman.” Komunikasi yang langsung kami lakukan dengan Pak Erwin sebagai Kepala Susmar Ditjen  Migas, diantaranya adalah bagaimana lalu lalangnya kapal dari negara asing di sekitar utaranya Aceh karena di sana sedang ada pengeboran beberapa perusahaan minyak, salah satunya tadi kami sebutkan Harbour Energy.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji juga menyampaikan apresiasi kepada kepada Para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Angkatan 17 Periode 2021-2023, serta menyampaikan selamat bertugas kepada Para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Angkatan 17 Periode 2021-2023.

“Pada kesempatan yang baik ini atas nama instansi Ditjen Migas, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Migas periode 2021-2023, kami menyadari betul bahwa pengabdian yang bapak-bapak lakukan selama bertugas sangat berguna bagi pengamanan keberlangsungan pengelolaan minyak dan gas bumi di seluruh tanah air, serta saya mendoakan semoga senantiasa sukses selalu di tempat bekerja,” ujarnya.

 

Bagi para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas periode 2023-2025, selamat bertugas dan kami percaya dengan terpilihnya Bapak-Bapak sekalian merupakan bukti kinerja luar biasa bapak-bapak terhadap organisasi. “Kami berharap amanah yang diberikan kepada pundak bapak-bapak sekalian, diimbangi dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi dengan terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan baik dengan kami dan instansi yang terkait terutama SKK Migas dan KKKS,” lanjut Tutuka.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Personel TNI A Asisten Personel Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muda Rahmad Wahyudi, SE, M,Tr, (Han) dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Perbantuan Personel TNI Angkatan Laut sebagai Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Migas di bidang Pengamanan dan Pengawasan Kegiatan Hulu Migas Lepas Pantai di Jajaran Direktorat Jenderal Minyak Dan Gas sudah berlangsung sejak tahun 1967, “hal ini menunjukan bahwa Wujud Sinergitas TNI Angkatan Laut dengan Kementerian ESDM telah lama terjalin dalam rangka pembangunan bangsa,” tutur Rakhmad.

Perlu kita ketahui bahwa saat ini ruang laut di Indonesia dikelola oleh 6 Kementerian. Dalam pengelolaan sumber daya migas interoperabilitas merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi sehingga sumber daya tersebut dapat dikelola dan dimanfaatkan secara bijak, efektif dan efisien guna kesejahteraan rakyat Indonesia. “Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Migas sebagai Koordinator Lapangan memiliki tugas untuk menyediakan data dan informasi mengenai kegiatan eksplorasi migas lepas pantai kepada Kementerian dan Kelembagaan terkait, di samping Itu juga harus mampu memberikan solusi atas permasalahan kegiatan operasi migas di lepas pantai dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan instansi lain,” pungkas Rakhmad.

Acara serah terima Pejabat LO Susmar Ditjen Minyak dan Gas Bumi, dilanjutkan dengan pemberian materi pembekalan kepada  para Pejabat LO Susmar Ditjen Migas Angkatan 18 Periode 2023-2025, yang diisi pemaparan materi oleh para narasumber dari TNI AL, Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, Ditjen Imigrasi Kemenhukham, Ditjen Pengelolaan Kelautan dan Ruang Laut Kementerian KKP, Ditjen Strategi Pertahanan Kemenhan dan Ditjen Migas Kementerian ESDM. (AFB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.