RUEN Ditandatangani Presiden, DEN Dorong Penyusunan RUED

Jakarta, Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) sekaligus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin Sidang DEN ke 20 di Kantor Kementerian ESDM, Senin (23/1). Dalam sidang ini, Ketua Harian DEN menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah menandatangani Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) sebagai penjabaran PP Nomor 79 tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Dr. Ir Tumiran M.Eng sebagai Anggota DEN dari unsur pemangku kepentingan kepada wartawan usai Sidang DEN mengatakan, dengan ditandatanganinya RUEN oleh Presiden RI, maka selanjutnya akan segera disusun Rencana Umum Energi Daerah (RUED). “Disepakati, DEN harus segera membantu daerah agar dapat menyusun RUED,” kata Tumiran.

Ditambahkan Prof. Dr. Ir. Samsir Abduh, Anggota DEN dari unsur yang mewakili kepentingan konsumen, penyusunan RUED harus realistis. Artinya, pemenuhan bauran energi harus memprioritaskan sumber energi daerah yang paling efisien. 

Sidang DEN ke 20  yang dihadiri para pejabat eselon I di lingkungan Kementerian ESDM dan instansi terkait lainnya ini, membahas 3 hal utama yaitu program 35 GW  yang harus rampung tahun 2019, bauran energi terkait pencapaian target KEN dan RUEN serta implementasi RUEN ke daerah terkait upaya untuk mendorong daerah dalam penyusunan RUED Provinsi.  (TW)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.