Pertemuan EAS EMM ke-13

Jakarta, Pertemuan the 13th East Asia Summit Energy Ministers Meeting (EAS EMM) pada Kamis (5/9) dilaksanakan dalam rangkaian pertemuan AMEM ke-37 di Bangkok, Thailand. Pertemuan EAS EMM dipimpin oleh Sontirat Sontijirawong, Menteri Energi Thailand. Pertemuan dihadiri oleh Para Menteri dan Pejabat Senior bidang energi dari Negara Anggota ASEAN, Australia, RRT, Jepang, Korea, Selandia Baru, Rusia dan Amerika Serikat.

Pertemuan membahas kemajuan kerja sama energi EAS, khususnya perkembangan kegiatan yang dilaksanakan oleh Three Work Streams of the EAS Energy Cooperation Task Force. Beberapa inisiatif yang sedang berjalan atau yang baru utamanya di subsektor migas diantaranya adalah promosi gas bumi, CCUS, dan carbon recycling.

Para Menteri menyadari pentingnya pasar energi dunia yang transparan, stabil dan kompetitif. Para Menteri menggarisbawahi dukungan untuk memperkuat ketahanan gas bumi di kawasan termasuk kegiatan saling bertukar praktik terbaik, menghadiri acara LNG Producer-Consumer Conference serta melaksanakan pelatihan dan capacity building terkait LNG.

Para Menteri menyambut baik keinginan Jepang dan Amerika Serikat atas dukungan mereka dalam melaksanakan pelatihan LNG-value chain di kawasan dan komitmen mereka dalam mendorong relaksasi pelarangan destinasi LNG.

Selanjutnya, Para Menteri menyambut penyelenggaraan tiga konferensi internasional dalam waktu dekat yaitu LNG Producer Consumer Conference, Hydrogen Energy Ministerial Meeting dan International Conference on Carbon Recycling pada 25-26 September 2019 di Tokyo sebagai bagian dari inisiatif baru Jepang. (AS)