Peringati Bulan K3 Nasional 2023, Ditjen Migas Terus Gaungkan Keselamatan Migas

Jakarta, Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang akan berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2023, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan tema, “Peran Keselamatan Migas Dalam Era Transisi Energi demi Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji ketika membuka rangkaian kegiatan ini di halaman Gedung Ibnu Sutowo, Jakarta,  Kamis petang (12/1), menegaskan bahwa Kementerian ESDM c.q. Ditjen Migas terus menggaungkan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja kepada KKKS, Badan Usaha Hilir Migas dan Usaha Penunjang Migas di mana khusus pada subsektor migas,  Keselamatan Migas terdiri dari Keselamatan Pekerja, Keselamatan Instalasi, Keselamatan Lingkungan dan Keselamatan Umum.

”Industri migas merupakan industri yang beresiko tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita sebagai keluarga besar Ditjen Migas yang merupakan Pembina dan Pengawas pada kegiatan usaha migas untuk memiliki pemahaman serta penerapan budaya K3 yang baik,” kata Dirjen Migas yang dalam acara ini didampingi oleh Sesditjen Migas Setyorini Tri Hutami dan Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra, serta Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan.



Keselamatan  di industri migas, kata dia,  merupakan budaya yang melekat  dan lebih berakar dibandingkan industri lainnya, mengingat industri migas telah lebih dari 120 tahun beraksi di dunia internasional, di mana perusahaan-perusahaan multinasional menerapkan budaya keselamatan sangat tinggi.

Lebih lanjut Tutuka menyampaikan, K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. Sangat penting menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas.

Dirjen Migas  juga  mengingatkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif untuk seluruh pegawai Ditjen Migas. “Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif. Keseimbangan antara bekerja, di rumah, serta waktu untuk beristirahat,  harus dapat diciptakan secara  perlahan-lahan dengan program yang tepat,” ungkapnya.

Melalui rangkaian acara yang diselenggarakan selama sebulan ini, Pemerintah mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu juga meningkatkan partisipasi keluarga besar Ditjen Migas dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha migas demi mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Secara khusus, saya juga berharap rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap budaya keselamatan kerja  migas yang terdiri dari keselamatan pekerja, instalasi, lingkungan dan umum, serta kita menjadi mampu menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan kita,  baik sebagai pegawai Ditjen Migas maupun sebagai pribadi,” tambahnya.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra menambahkan, pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 ini berpedoman pada petunjuk pelaksanaan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023 dengan tema pokok: Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.



“Selanjutnya sebagai wujud komitmen Ditjen Migas terhadap Bulan K3 Nasional 2023, kita mengangkat subtema: Peran Keselamatan Migas Dalam Era Transisi Energi demi Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja. Subtema ini erat kaitannya dengan salah satu visi dan misi Ditjen Migas dalam mengelola kegiatan usaha Migas yang andal, aman dan akrab lingkungan,” jelas Mirza.

Untuk menyemarakkan bulan K3 Nasional tahun 2023 ini, Ditjen Migas mengadakan sejumlah kegiatan baik eksternal yang melibatkan stakeholder yaitu Ditjen Migas Walk Through, Breakfast Meeting bersama para Kepala Teknik Migas dan lomba video K3. Untuk kegiatan K3 internal pegawai,  antara lain Emergency Drill, Sharing Knowledge penggunaan APAR dalam kehidupan sehari-hari, KOPI SENJA dengan tema Kesehatan Mental (work/life balance), lomba Bersama Turunkan Berat Badan, senam kesegaran jasmani, cek kesehatan, serta donor darah yang dimeriahkan oleh bazaar dan penampilan Migascoustic. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.