Djoko Siswanto Pimpin Upacara HUT RI di Pertamina MOR V Bali

Jakarta, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 74 di Kantor Pertamina MOR V, Bali, Sabtu (17/8).

Pada peringatan HUT RI kali ini, pimpinan Kementerian ESDM melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 di setiap fasilitas ESDM. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan keseriusan Pemerintah sebagai pelayan masyarakat dalam memberikan dukungan langsung kepada seluruh elemen pelaksana sektor ESDM di seluruh nusantara.

Menteri ESDM Ignasius Jonan memimpin upacara di PT Freeport Indonesia (PT FI), Papua. Sedangkan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar memimpin upacara di kompleks perkantoran PT Chevron Pacific Indonesia, Pekanbaru, Riau. Selain itu, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Mustafid Gunawan memimpin upacara di MOR IV TBBM Rewulu Yogyakarta, Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Adhi Wibowo menjadi pemimpin upacara di PT PGN Batam serta Direktur Pembinaan Program Migas Soerjaningsih  memimpin upcara di PT PGN Bojonegara.

Plt. Dirjen Migas Djoko Siswanto dalam upacara tersebut mengatakan, sesuai dengan tema upacara peringatan ulang tahun ke-74 Republik Indonesia yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, pembangunan SDM akan menjadi prioritas dalam pemerintahan yang akan datang, sebagaimana visi misi Presiden. Pembangunan SDM menjadi kunci Indonesia ke depan.

“Kualitas pendidikan dan keterampilan harus tingkatkan melalui pengembangan vocational training dan vocational school. Begitupun dengan diaspora yang bertalenta tinggi terutama yang bergelut di sektor ESDM harus diberikan dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia,” tambahnya.  

Usaha peningkatan kualitas SDM juga diharapkan dapat mengimbangi perkembangan dunia yang begitu cepat. Pemerintah mengharapkan peran sektor swasta dalam meningkatkan kualitas SDM, baik melalui pemberian kesempatan untuk magang secara luas pada lingkungan kerja operasi sektor ESDM maupun pelatihan dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja terdidik yang memprioritaskan potensi setempat.

Lebih lanjut Djoko mengatakan, mengelola sektor ESDM yang sangat vital ini tidaklah mudah. Tantangan dan permasalahan ke depan untuk menjawab tuntutan masyarakat semakin tinggi dan memberikan pelayanan terbaik dengan capaian kinerja yang optimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mengakhiri sambutannya, Djoko Siswanto mengajak para peserta agar selalu mengingat pesan Sang Proklamator bahwa negeri ini bukan milik satu golongan, agama, suku atau adat istiadat tapi milik semua,  dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. “Untuk itu kita harus bekerja bersama dan bersungguh-sungguh guna mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” tutupnya. (TW)