3.006 Paket Perdana Konkit LPG 3 Kg Dibagikan Untuk Petani dan Nelayan Gresik dan Lamongan

 

Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerja sama dengan Komisi VII DPR mendistribusikan 3.006 paket perdana konverter kit (konkit)  LPG 3 kg untuk petani dan nelayan di Gresik dan Lamongan, Jawa Timur.

Paket konverter kit yang dibagikan ini perinciannya:  untuk Gresik didistribusikan 905 paket untuk nelayan dan 600 paket untuk petani. Sedangkan di Lamongan, nelayan yang menerima paket perdana sebanyak 499 dan petani 1.002 paket. Pembagian dilakukan secara bertahap dan didahului dengan acara sosialisasi yang dihadiri oleh perwakilan petani dan nelayan.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Laode Sulaeman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh wakil Ditjen Migas, Azhari, menyampaikan bahwa pendistribusian paket perdana konverter kit dan nelayan sasaran dan petani sasaran merupakan bagian dari Program Konversi BBM ke LPG  guna mendukung diversifikasi energi. Pemilihan LPG sebagai energi alternatif yang dapat digunakan oleh nelayan karena sudah dikenal di masyarakat, kinerja mesin penggerak yang menggunakan LPG relatif sama untuk motor berdaya rendah, serta ramah lingkungan.

“Program Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran memiliki makna bagi kemudahan akses energi di mana nelayan diberikan pilihan terhadap energi yang akan digunakan. Program ini juga berdampak pada perekonomian nelayan yaitu dapat mengurangi biaya melaut bagi nelayan,” kata Laode, Minggu (13/11).

Bantuan paket perdana gratis ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan dan dirawat  dengan baik oleh nelayan dan petani, serta tidak diperjualbelikan.

Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menilai bantuan alat dan mesin konverter kit sangat berguna bagi masyarakat dan karenanya harus terus diperjuangkan dan diupayakan agar  jumlahnya bertambah setiap tahun. Dia juga mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah bersinergi dengan baik sehingga dapat menyalurkan konverter kit kepada masyarakat.

Roro Esti menyambut baik program ini karena dapat berdampak langsung pada peningkatan dekarbonisasi. “Memanfaatkan tenaga gas merupakan langkah yang tepat di tengah naiknya harga BBM di Indonesia,” tambahnya.

Penggunaan gas sebagai sebagai bahan bakar juga diyakini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Pendistribusian paket perdana konverter kit LPG 3 kg ini merupakan program berkelanjutan Pemerintah. Pada tahun ini, Pemerintah mendistribusikan 30.000 paket perdana untuk nelayan dan 30.000 paket untuk petani. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.