Plt Menteri ESDM Minta Pegawai Bekerja Profesional

Jakarta, Pelaksana Tugas Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar para pejabat dan pegawai di lingkungan Kementerian ESDM bekerja profesional, melupakan peristiwa lalu dan memberikan yang terbaik demi kemaslahatan orang banyak.

Hal itu disampaikannnya ketika melantik dan mengambil sumpah Dr. Ir. Ego Syahrial, M. Sc sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM menggantikan Surono yang memasuki purnabakti di Lobby Kementerian ESDM, Kamis (18/8).

Luhut menekankan agar seluruh pejabat dan pegawai bekerja secara profesional, sesuai dengan komando yang ada. Dirinya juga tidak menginginkan adanya kelompok-kelompok dalam Kementerian ESDM. “Saya tidak ingin ada kelompok-kelompok. Kelompok kita adalah  merah putih yang bisa membawa kebaikan bagi orang lain,” tegasnya.

Dalam rapat-rapat internal, kata Luhut, dirinya juga  telah meminta agar tidak ada pejabat yang berpolitik.  “Kalau kita mau berpolitik masuk partai politik. Tapi di sini, semua menunjukkan profesionalismenya, kedisiplinannya untuk memberikan sumbangan terbaiknya bagi untuk negeri kita yang kita cintai ini. Saya tidak ingin kita tidak bekerja dalam sebuah team yang bagus," tambahnya.

Khusus kepada Ego Syahrial, Luhut meminta agar dapat bekerja dan membuat kebijakan yang baik, seperti yang dilakukan pendahulunya, Surono. Luhut mengaku banyak berkomunikasi dengan Surono ketika menangani masalah Gunung Sinabung. Berkat penjelasan ilmiah yang disampaikan Surono, Pemerintah kemudian memutuskan untuk memindahkan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 km dari gunung tersebut.

“Akibat masukan dari beliau yang mengatakan bahwa 10 tahun ke depan, belum bisa diramalkan gunung sinabung bisa berhenti. Beliau menerangkan dengan jelas sekali alasan-alasan  ilimiahnya dan dengan demikian kami membuat policy untuk penanganan Gunung Sinabung itu yaitu masyarakat dalam radius 5 km dipindah dari sana,” paparnya.  (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.