Petral Akan Dibubarkan Secepatnya


Menurut Said dalam jumpa pers di Kementerian ESDM, Jumat (24/4), pembubaran Petral murni untuk efisiensi di tubuh Pertamina sehingga harga BBM menjadi lebih murah karena rantai distribusinya menjadi lebih pendek. “Saya berharap bahwa ide pembubaran Petral ini jangan sampai kembali menjadi sejarah lama, gaungnya besar tetapi tidak terwujud,” ujar Said.

Pernyataan Said tersebut menanggapi pernyataan dari Menteri BUMN, Rini Soemarno dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto yang menyatakan segera akan membubarkan Petral dengan alasan karena fungsinya sudah tidak lagi seperti awal pembentukannya. Dulu Petral yang memasok minyak dan BBM ke Pertamina, namun sekarang Pertamina sendiri yang melakukan pengadaan minyak dan BBM.

Pembubaran Petral sebenarnya sudah pernah dirancang pada tahun 2006 dan untuk menggantikan peran Petral dibentuklah oleh Pertamina melalui kesepakatan dengan Kementerian BUMN, Integrated Supply Chain (ISC). “Tugas ISC saat itu adalah menggantikan peran Petral secara bertahap,” lanjut Said.

Perjalanan ISC tersebut berjalan sempurna hingga tahun 2009, namun pada tahun yang sama ISC dibubarkan dan seluruh kegiatannya dibekukan dan pada akhirnya Petral kembali beroperasi. (SF)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.