Pertemuan SOME ke-37

Bangkok, Menteri Energi Kerajaan Thailand, Dr. Siri Jirapongphan membuka Pertemuan the 37th ASEAN Senior Officials Meeting on Energy (SOME) and its Associated Meeting  di Bangkok, Thailand, yang berlangsung tanggal 24-28 Juni 2019.

“Acara ini mengambil tema Chairmanship ASEAN 2019 Bangkok Advancing Energy Transition through Partnership and Innovation,” kata Siri Jirapongphan.

Rangkaian Pertemuan SOME ke-37 dipimpin oleh Dr. Kullit Sombatsiri, Senior Official on Energy (SOE) Leader, Undersecretary Ministry of Energy Kerajaan Thailand sebagai Chairman sedangkan Delegasi RI dipimpin oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan-Kementerian ESDM, Jisman Parada Hutajulu, selaku Alternate SOE Leader Indonesia.

Pada agenda hari pertama, Secretay in-charge ASCOPE melaporkan kemajuan dan rencana kerja sama yang telah dicapai antara lain mengenai penyelesaian target tambahan terminal regasifikasi di negara anggota ASCOPE yaitu 1 terminal regasifikasi, implementasi open access dengan target satu negara ASEAN, pengembangan database infrastruktur gas di ASEAN, penyelesaian klausul standar untuk pengalihan kargo LNG di ASEAN, dan pelaksanaan studi untuk small-scale LNG dan LNG bunkering. Agenda yang akan dimasukkan ke dalam Pertemuan Para Menteri Energi ASEAN ke-37 di Bangkok adalah pelaporan hasil studi perihal small-scale LNG dan LNG bunkering.

Pada agenda pertemuan dengan negara mitra dialog, Rusia menawarkan program Natural Gas for Vehicles, teknologi Compressed Natural Gas (CNG) dan LNG, serta Small Scale LNG yang diawali dengan pelaksanaan Workshop pada bulan April 2020 di Rusia. Hari terakhir rangkaian pertemuan SOME ke-37 diisi dengan kunjungan lapangan ke Learning Centre, Electricity Generating Authority of Thailand (EGAT) yang berlokasi di Provinsi Nonthaburi, Thailand. EGAT Learning Centre memperkenalkan sejarah industri ketenagalistrikan di Thailand serta penelitian dan inovasi yang dilakukan. Di komplek ini juga didirikan model rumah hemat energi dan air. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.