Pertemuan REPP-SSN Bahas Prioritas Area Program ASEAN

Jakarta, Pertemuan the 18th Annual Meeting of the Regional Energy Policy and Planning Sub-Sector Network (REPP-SSN) telah dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2019 di Singapura. Pertemuan dipimpin oleh Jonathan Goh, Director for External Relations Department, Energy Market Authority selaku Senior Official on Energy Leader of Singapore.

“Saya harap pertemuan akan membahas prioritas area program REPP tahun 2019/2020 termasuk perkembangan ASEAN Energy Outlook ke-6 untuk dapat memberikan wawasan yang berharga terhadap APAEC (ASEAN Plan on Action for Energy Cooperation) Fase II,” kata Jonathan Goh dalam sambutannya pada acara tersebut.

Pertemuan dimulai dengan agenda pembahasan poin penting pertemuan REPP SSN ke-17 sebelumnya di tahun 2018 serta arahan-arahan pada pertemuan Tingkat Menteri Energi ASEAN ke-36 dan Special SOME. ASEAN Centre for Energy (ACE) pada agenda berikutnya menyampaikan presentasi hasil dan rekomendasi pertemuan ke-1 dan ke-2 APAEC Drafting Committee (ADC) diantaranya finalisasi Kerangka Acuan ADC, finalisasi jangka waktu dan tonggak sejarah pengembangan APAEC Fase II 2021-2025, serta usulan tema APAEC Fase II. 

ACE juga melaporkan perkembangan dan prioritas APAEC 2016-2025. Khusus area program Trans ASEAN Gas Pipeline (TAGP), ASCOPE melaporkan bahwa Thailand pada tahun 2019 telah menambah kapasitas terminal regasifikasi sebanyak 1,5 MTPA. ASCOPE juga tengah mempersiapkan basis data yang mencakup pengembangan infrastruktur gas termasuk didalamnya pipa gas, fasilitasi pengolahan gas, likufaksi LNG dan terminal regasifikasi. Selain itu, ASCOPE sedang melaksanakan studi mengenai LNG skala kecil di ASEAN dengan inisitaif mengumpulkan berbagai kebijakan dan peraturan terkait LNG skala kecil di negara anggota ASEAN, menganalisis permintaan LNG skala kecil di kawasan ASEAN, dan  mengidentifikasi infrastruktur yang dibutuhkan. 

Pertemuan menyepakati bahwa finalisasi APAEC Fase II akan diluncurkan pada pertemuan Tingkat Menteri Energi ASEAN ke-38 di Vietnam tahun 2020 nanti. Sebelum ditutup, para peserta pertemuan yang hadir menyampaikan ucapan terima kasih kepada Singapura selaku tuan rumah serta kepada Sekretariat ASEAN dan ACE atas bantuan teknis dan adminstrasi yang diberikan. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.