Pertemuan Intersesi I-EU CEPA

Jakarta, Pertemuan intersesi Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) berlangsung pada tanggal 28-29 Januari 2019 di Brussel, Belgia. Pertemuan juga dilaksanakan secara back to back dengan pertemuan Working Group on Trade and Investment ke-9 tanggal 30 Januari 2019.

Pada kesempatan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan., sedangkan Delegasi Uni Eropa dipimpin oleh Deputy Director General for Trade, European Commission.

Pada intersesi Working Group Trade in Goods (TIG), pertemuan fokus pada pembahasan draft text Chapter TIG. Pertemuan telah mencapai kesepakatan di beberapa pasal. Dua pasal diantaranya telah disepakati secara prinisp namun masih memerlukan konfirmasi legal. Untuk intersesi Working Group Trade and Sustainable Development (TSD), pertemuan masih membahas perbedaan konseptual  namun telah mencapai kemajuan dalam consolidated text.

Pertemuan Working Group Trade and Investment yang dilaksanakan setelah intersesi dtujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik atas kebijakan kedua belah pihak untuk mendorong penyelesaikan isu perdagangan dan investasi bilateral kedua pihak. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.