Pertemuan Intersesi ASEAN Caucus RCEP TNC

Jakarta, Dalam rangka finalisasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Work Plan 2019, pertemuan Intersesi ASEAN Caucus RCEP TNC digelar di Bangkok, Thailand pada 12-13 Januari 2019. Agenda lain pertemuan intersesi ini adalah pembahasan assessment atas status perkembangan perundingan teks Perjanjian RCEP dan pematangan individual assessment masing-masing RPCs (RCEP Participanting Countries) atas kemajuan perundingan akses pasar.

Pertemuan dibuka oleh Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan selaku ASEAN Lead Negotiator. Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Perundingan ASEAN selaku Alternate TNC Lead Indonesia.

Satu hari sebelum intersesi berlangsung, TNC Chair melakukan pertemuan dengan para WG (Working Group) dan SWG (Sub Working Group) Chair untuk membahas ketiga agenda intersesi.  Pembahasan draft kompilasi assessment masing-masing RPC utamanya ditujukan untuk mempelajari pandangan ASEAN FTA Partners (AFP) atas offer dari masing-masing negara anggota ASEAN.

Terkait Work Plan 2019, dapat diinformasikan bahwa Work Plan memuat target capaian dan setiap putaran prundingan agar penyelesaian perundingan RCEP dapat dicapai di akhir tahun 2019. Untuk mencapai target Work Plan pada Putaran Bali Februari 2019, pertemuan intersesi meminta WGs dan SWGs Chair untuk menginventarisir isu-isu yang membutuhkan perhatian dari TNC sebelum putaran Bali. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.