Percepat penyerapan Anggaran, Menteri ESDM Bentuk Tim Khusus

Jakarta, Untuk mempercepat penyerapan anggaran tahun 2015, Kementerian ESDM telah membentuk unit khusus proyek infrastruktur. Dengan adanya tim khusus tersebut, terjadi lompatan prosentase penyerapan anggaran yang cukup besar. Pada awal Juni penyerapan anggaran masih berada diangka 4-5%, namun saat ini sudah menginjak angka 12%. Diharapkan akhir bulan Juli dapat menyentuh angka 13%.

Menteri ESDM Sudirman Said dalam diskusi dengan wartawan usai sholat Jumat (25/7), mengatakan, serapan anggaran yang tidak terlalu besar ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain libur lebaran serta proses lelang yang memakan waktu cukup lama. Namun Sudirman tetap optimis, untuk bulan Agustus serapan akan jauh lebih baik dan berbeda dari bulan-bulan sebelumnya yaitu sebesar 20%.

“Pembelajaran yang kita lakukan untuk tahun 2016, dokumen-dokumen persiapan tender tahun 2016 dari sekarang mulai dikerjakan. Sudah mulai dilaksanakan, ada tim khusus,” katanya.

Sudirman memaparkan, meski dokumen sudah mulai dipersiapkan saat ini, anggaran tetap diputuskan bulan Oktober, sehingga jika tahun-tahun sebelumnya bulan Maret hingga Mei baru mulai menggeliat, maka tahun depan mulai Januari hingga Februari sudah bisa melakukan lelang. “Mudah-mudahan (penyerapan anggaran) 2016 ada perbaikan. Jadi ada dua perbaikan di 2016. Pertama, ada tim khusus untuk mengelola proyek-proyek infrastruktur dan kedua,akan dibuat persiapan tender lebih awal supaya di awal tahun anggaran itu sudah bisa mulai berjalan,” tegasnya. (KA)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.