Penyegaran dan Internalisasi Nilai Dasar Pegawai, DItjen Migas Gelar Sosialisasi Core Value ASN “BerAkhlak”

Jakarta, Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM menggelar Sosialisasi Core Value Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK di lingkungan Ditjen Migas bertempat di Hotel Manhattan, Jakarta, Rabu (15/11).

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Kepala Bagian Umum Sri Wisnuaji mewakili Sekretaris Ditjen Migas, dengan diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Ditjen Migas serta menghadirkan narasumber Sdri. Fajrianita Dewi, SE.,  dari Kementerian PAN dan RB, yang membawakan materi dengan tema “Penguatan Budaya Kerja ASN BerAKHLAK sebagai bagian dari Strategi Akselerasi Transformasi SDM Aparatur dalam Mendukung Reformasi Birokrasi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral”.

Kepala Bagian Umum Sri Wisnuaji mewakili Sekretaris Ditjen Migas dalam sambutannya menyampaikan Core Values Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK sejak tanggal 27 Juli 2021 telah diluncurkan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo bertepatan dengan Hari Jadi Kementerian PAN RB Ke-62.

Pada saat peluncuran core values ASN tersebut, Presiden Joko Widodo juga meluncurkan Employer Branding ASN, “namun tidak ada salahnya apabila kita me-refresh dan menginternalisasi lebih dalam melihat kondisi saat ini dan di tahun depan pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dan memperhatikan kebijakan terkait ASN setelah terbitnya UU ASN yang baru yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023,” ungkap Sri Wisnuaji.

Selain itu, “kami mengharapkan semua yang hadir dapat menggali lebih dalam sehingga kita sebagai ASN di Kementerian ESDM mendapatkan pemahaman yang baik, serta mengimplementasikan dalam pelaksanakan tugas sehari-hari di lingkungan Ditjen Migas secara khusus maupun Kementerian ESDM secara umum,” lanjut Sri Wisnuaji,

Pada paparannya, dengan mengutip arahannya Bapak Presiden Jokowi bahwa “Setiap ASN harus memegang teguh satu nilai dasar dan semboyan yang sama, dan Core Values yang harus diterapkan oleh seluruh ASN di Instansi Pemerintah adalah BerAKHLAK”, tegas Fajrianita.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PAN dan RB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Value dan Employer Branding ASN, Instansi Pemerintah agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK secara utuh tidak menambah atau mengurangi definisi dan panduan perilaku. “Instansi Pemerintah harus melengkapi contoh perilaku (kode perilaku) yang relevan dengan konteks tugas fungsi masing-masing,” lanjut Fajrianita.

“Untuk Kementerian ESDM sudah very commit kegiatan internalisasi nya. Kami dari Kementerian PAN dan RB, cuma ingin menyampaikan tolong sempatkan kegiatan seperti ini bahkan terus ditingkatkan,” harap Fajrianita.

Kalau dilihat dari internalisasinya sudah sangat bagus, apalagi tadi ada inovasinya dari masing masing ASN yang memberikan wawasan seperti itu.

Dan jangan lupa bapak ibu semuanya, perlu disampaikan juga untuk kepegawaiannya bahwasanya ada Anugerah ASN dan ASN Culture Fest, “agar nantinya ASN-ASN baik dan terbaiknya ini dari Kementerian ESDM ini bisa bersaing di Anugerah ASN 2023 di bidang nasional,” tutup Fajrianita.

Pada pemaparan tersebut, pembicara menyampaikan juga materi mengenai Nilai Dasar ASN, Satu Core Values ASN, dan Survei Budaya Kerja ASN tahun 2023 yang terdiri dari Survei Indeks BerAKHLAK, Survei Employee Engagement dan Survei Employer Branding serta menyampaikan informasi mengenai ASN Culture Fest 2023 dan Anugerah ASN 2023. (AFB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.