Penjelasan Terkait Ledakan Pipa Gas di Pengalengan

Bandung, Penjelasan terkait ledakan pipa gas di Kampung Cibitung, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/5). Berdasarkan informasi Direktur Panasbumi Kementerian ESDM Tisnaldi, tanah longsor besar terjadi sekitar pukul 14.30 WIB di atas instalasi pipa dan menyebabkan pipa bergeser serta tertimbun sehingga putus. Akibatnya, uap yg keluar dari pipa tersebut ikut tertimbun sehingga lama-lama seperti ledakan. Terdapat korban jiwa satu orang dan beberapa terluka akibat terkena longsoran ini, bukan karena ledakan pipa.

Kementerian ESDM dan PT Star Energy turut berduka cita atas jatuhnya korban akibat tanah longsor tersebut. Perusahaan telah menyatakan kesediaan untuk membantu korban, termasuk memperbaiki 4 rumah penduduk yg terkena longsor.

Longsoran terjadi akibat curah hujan yg terus menerus di hulu/bagian atas pipa yang kondisi tanahnya kritis/labil akibat aktivitas pertanian, seperti penanaman kentang.

Mengingat yang terkena longsor adalah pipa yang menuju lokasi pembangkit, maka operasi Star Energy unit 1 dan 2 dihentikan secara total. Unit 1: 110 MW dan unit 2: 117 MW, sehingga total 227 MW.(TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.