Pemerintah Susun Roadmap Pembangunan Infrastruktur Gas di Kaltim

Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur kaya akan gas bumi. Untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi, Pemerintah akan menyusun roadmap pembangunan infrastruktur gas di Kalimantan Timur. Dari hasil diskusi dengan Gubernur Kalimantan Timur Awang Farouk, Rabu (24/6) malam, ditargetkan seluruh Kota Bontang akan dialiri jaringan gas bumi untuk rumah tangga.

Demikian dikemukakan Dirjen Migas IGN Wiratmaja disela-sela kunjungan kerjanya ke Kalimantan Timur, Kamis (25/6).

Wiratmaja menjelaskan, selain membangun jaringan gas bumi untuk rumah tangga, Pemerintah juga berencana membangun pipa transmisi sepanjang Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan. Dana pembangunan infrastruktur ini, diharapkan sebagian berasal dari swasta. Apabila dari hasil perhitungan ternyata kurang ekonomis, maka Pemerintah berupaya membantu melalui APBN dan APBD.

"Kita akan susun roadmap dan kita tawarkan ke badan usaha. Mana yang mereka tertarik, mana yang ekonomis. Tentu kita senang kalau dibangun dari swasta. Yang tidak ekonomis akan kita bangun dari APBN. Nanti prosesnya akan dibahas dulu di Komisi VII dan Badan Anggaran DPR," jelas Wiratmaja.

Infrastruktur lainnya yang akan dibangun di Kalimantan Timur adalah kilang minyak baru yang akan dibangun di Bontang. Saat ini, Perpres penugasan ke Pertamina untuk membangun kilang sedang dalam proses.

Pemilihan Bontang sebagai tempat dibangunnya kilang minyak baru, antara lain dengan pertimbangan tanahnya milik negara sehingga tidak perlu dibeli. Selain.itu, infrastruktur lainnya juga telah tersedia, antara lain pelabuhan. Fasilitas-fasilitas ini diperkirakan akan memangkas biaya sekitar 10-20%. "Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, investasi awal sudah berkurang," kata Wiratmaja.

Kilang yang akan dibangun di Bontang tersebut, berkapasitas 300.000 barel per hari. Biaya yang dibutuhkan sekitar US$ 10-12 juta.

Pemerintah tidak menutup kemungkinan infrastruktur lainnya juga akan dibangun di Kalimantan Timur. Pertamina Region VI Kalimantan diminta untuk menginventarisir lokasi-lokasi yang memerlukan pembangunan depo BBM. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.