Pemerintah Siapkan Regulasi Khusus Migas Laut Dalam

Jakarta, Menurut para ahli, potensi migas Indonesia termasuk di laut dalam cukup besar. Namun kepastiannya belum diketahui karena kegiatan eksplorasinya masih minim.  Untuk meningkatkan pengembangan migas di laut dalam, Pemerintah tengah menyiapkan regulasi khusus.

“Kita lagi dalam proses mempersiapkan regulasi khusus untuk laut dalam supaya bisa atraktif dengan negara-negara lain. Sekarang kita masih kalah atraktif,” ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja usai penutupan acara The 40th IPA Convention and Exhibiton 2016, Jumat (27/5).

Dia menjelaskan, potensi laut dalam Indonesia kurang menarik lantaran prosentase pengembalian investasi atau internal rate of return (IRR) untuk KKKS masih kalah dibandingkan negara lainnya, antara lain Meksiko. Padahal, resiko yang harus ditanggung investor relatif tinggi. “Return-nya harus cukup tinggi karena resikonya  cukup tinggi. (IRR harus) di atas 20%. Kita masih jauh di bawah,” tambahnya.

Wiratmaja melanjutkan, di negara-negara lain yang memberikan IRR relatif tinggi kepada KKKS, perkembangan laut dalamnya lebih bagus dibandingkan Indonesia.  (TW/AN)

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.