Pemerintah Finalisasi Pembentukan DKE

Bandung, Rencana Pemerintah untuk membentuk Dana Ketahanan Energi (DKE) terus bergulir. Persiapan-persiapan terkait hal tersebut terus dilakukan. “Kita terus memfinalkan persiapan-persiapan dalam rangkan pembentukan Dana Ketahanan Energi (DKE), kita bersyukur konsep ini semakin hari semakin diterima oleh masyarakat, baik di kalangan dunia bisnis, legislatif dan juga di kalangan para pemerhati energi,” ujar Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said dalam konferensi pers usai rapat EBTKE Leader Meeting di Bandung, Sabtu (5/3).

Sudirman menjelaskan apa-apa saja yang sedang disiapkan, “Kita terus menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) payung hukumnya agar lebih kuat bukan hanya Perpres tapi hingga PP dan saat ini draft-nya sudah siap,” jelas Sudirman.

Pembentukan DKE tentunya melibatkan banyak pihak. Karena itu, koordinasi dengan institusi-institusi terkait terus dilakukan. Diinformasikan Sudirman, Kementerian Keuangan akan menyiapkan mekanisme keuangan supaya bisa dilaksanakan dengan akuntabel. Kementerian ESDM sendiri, lanjut Sudirman, akan menyiapkan alokasi dan pemanfaatan, prioritas dan berapa dana yang dibutuhkan.

Sudirman berharap, simpanan pertama DKE akan dapat diperoleh melalui mekanisme pembahasan APBN-P. “Mudah-mudahan ada simpanan pertama dan kami berharap berapa pun harus segera dimasukkan supaya mekanisme institusinya mulai berjalan,” imbuhnya.

Selain melalui APBN, terbuka juga peluang pendanaan atau support dari sumber lain yang tidak mengikat termasuk dari donor-donor multilateral. ”Kita juga menerima hibah dari negara-negara donor internasional, lembaga bilateral dari negara-negara maju dan dimungkinkan juga dari dana pinjaman,” ujar Sudirman lagi.

Sudirman menyatakan, saat ini pembentukan lembaga Dana Ketahanan Energi lambat laun makin terbentuk polanya dan kalau kelembagaan sudah dibentuk maka kegiatannya bisa segera dijalankan. (SF)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.