Pemerintah Berencana Bangun Pabrik Pupuk dan Petrokimia di Papua

Jakarta, Pemerintah berencana membangun pabrik pupuk di Papua yang pasokannya berasal dari Lapangan Tangguh Train III. Selain itu, akan dibangun pula proyek petrokimia yang pasokan gasnya berasal dari Lapangan Kasuri.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi di DPR, Selasa (12/4), memaparkan, Lapangan Tangguh Train III berdasarkan sertifikasi  cadangan yang dilakukan Lemigas, pasokan gasnya cukup untuk membangun pabrik pupuk. Namun ini baru berdasarkan perhitungan di atas kertas saja. “Nanti realisasi masih tergantung hasil pengeboran sebenarnya,” tambahnya.

Sementara untuk pembangunan proyek petrokimia, diharapkan dapat dipasok dari Lapangan Kasuri yang dikelola Genting Oil dan lokasinya berdekatan dengan Tangguh Train III. Pekan lalu, SKK Migas telah berkomunikasi dengan KKKS tersebut dan memintanya mencari investor untuk membangun pabrik petrokimia.

Amien menjelaskan, pihaknya meminta Genting Oil mencari sendiri investor karena sebelumnya sudah ada perusahaan yang berminat, namun meminta harga gasnya hanya US$ 3 per MMBTU. “Menurut perhitungan kami,  itu terlalu kecil dan akan menimbulkan kerugian kepada  operator gas, tapi memberikan  keuntungan besar kepada petrokimianya,” ungkap Amien.

Apabila nantinya ada investor lain yang ingin membangun kawasan industri di sana, lanjut Amien, maka bisa terintegrasi dengan pabrik pupuk dan petrokimia. Pemerintah telah meminta Genting Oil mempelajari kemungkinan membangun power plant.

Rencana pembangunan kawasan industri tersebut mendapat dukungan DPR. Anggota Komisi VII DPR Kurtubi  meminta agar rencana pembangunan infrastruktur tersebut direncanakan dengan baik agar penerimaan negara dapat optimal. “Sudah waktunya di Indonesia Timur ada pusat-pusat ekonomi baru,” katanya. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.