Pemerintah Akan Lelang Ulang 14 Blok Migas

Jakarta,  Kementerian Enegi dan Sumber Daya Mineral akan melelang ulang   14 blok minyak dan gas (migas) karena blok-blok yang ditawarkan tahun 2016 ini sepi peminat.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan,  sebenarnya 14 blok migas yang dilelang tahun 2016 tersebut sudah ada penawaran dari investor. Sayangnya, penawaran tersebut masih belum menggembirakan.

Menurut dia, minimnya peminat ini bisa jadi lantaran harga minyak dunia yang masih kurang bagus serta belum adanya kepastian regulasi di sektor migas Indonesia. Dia mengharapkan agar melalui lelang ulang ini, akan lebih menarik bagi investor. Terutama dengan adanya skema gross split.

“Nanti kita lelang ulang, nanti kan ada permen gross split baru, PP 79 ada revisinya, kita harapkan lebih atraktif lagi kan,” kata Wiratmaja di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (21/12)

.Sementara itu terkait masalah perizinan yang kerap menjadi keluhan KKKS, Wirat mengatakan, pihaknya terus mendorong SKK Migas agar  dapat membantu proses perizinan dari instansi-instansi lain. Izin terkait migas yang mencapai 300 jenis, sebagian besar di luar Kementerian ESDM.

Sebagai informasi, Lelang 14 wilayah kerja migas tahun 2016 terdiri dari 7 blok yang ditawarkan melalui penawaran langsung  dan  7  blok migas melalui lelang reguler. Blok migas yang ditawarkan melalui lelang reguler adalah   South CPP (onshore Riau), Suremana I (offshore Makassar Strait),  SE Mandar (offshore Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat). Kemudian North Arguni (onshore Papua Barat), Kasuri II (onshore Papua Barat), Manakarra Mamuju (offshore Makassar Strait), dan Oti (offshore Kalimantan Timur).

Sementara untuk penawaran langsung ada Blok Bukit Barat (offshore Kepulauan Riau), Batu Gajah Dua (onshore Jambi), Kasongan Sampit (onshore Kalimantan Tengah), Ampuh (offshore Laut Jawa), Ebuny (offshore Sulawesi Tenggara), Onin (onshore-offshore, Papua Barat), dan West Kaimana (onshore-offshore, Papua Barat). (DK)

 

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.