Pembangunan Kilang Terus Berlanjut

Palembang, Untuk mewujudkan kemandirian energi, Indonesia perlu membangun kilang minyak baru. Terwujudnya pembangunan kilang merupakan komitmen Pemerintah dan hingga saat, proses pembangunannya terus berlanjut.

"Pembangunan kilang baru adalah program strategis nasional yang menjadi komitmen Pemerintah sekarang. Ada 4 program upgrading (RDMP/Refinery Development Master Plan) yaitu Kilang Cilacap, Balongan, Dumai dan Balikpapan. Selain itu dua grass root (New Grass Root Refinery/NGRR) yaitu Kilang Bontang dan Tuban. Programnya tetap jalan sesuai instruksi Bapak Presiden," ujar Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar usai acara Penganugerahan Penghargaan Keselamatan Migas Tahun 2017, Selasa (29/8) malam.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perkembangan RDMP kilang Balikpapan, telah selesai FEED dan tengah dievaluasi FID-nya. Sedangkan Kilang Cilacap telah mendapatkan mitra yaitu Saudi Aramco. Demikian pula dengan Kilang Tuban yang bermitra dengan Rosneft. Sementara Kilang Bontang masih mencari mitra. "Kilang Tuban dengan Rosneft, Bontang masih mencari partner, Balikpapan sudah berjalan ya. Tetap scedule-nya sehingga program ini bisa berjalan (sesuai) apa yang kita harapkan," papar Wamen.

Terkait mitra untuk pembangunan Kilang Bontang, lanjut dia, sudah ada investor yang berminat. Saat ini tengah dalam proses lebih lanjut.

Upaya Pemerintah membangun kilang baru serta RDMP, diakui Wamen mengalami beberapa kendala. Namun sejauh ini, kendala tersebut masih dapat diatasi. "Ada beberapa kendala, tetapi kendalanya insya Allah bisa kita selesaikan. Nanti bicara dengan pertamina bagaimana menyelesaikan kendala," ujar Arcandra.

Sebagaimana diketahui, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) nasional dari tahun ke tahun terus meningkat. Dalam satu tahun, Indonesia membutuhkan 72 juta kiloliter (KL). Namun yang bisa diproduksi di dalam negeri hanya 39 juta KL, sisanya harus impor. (TW/DA)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.