Pembangunan Jargas Kurangi Subsidi LPG

Prabumulih, Pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga secara masif, tidak hanya bermanfaat menyediakan energi bersih dan murah bagi masyarakat, juga mengurangi besaran subsidi LPG yang harus ditanggung Pemerintah. Saat ini, besaran subsidi LPG mencapai Rp 22 triliun.

"Apabila LPG bisa dikonversi ke gas, maka beban subsidi yang Rp 22 triliun akan menurun," ujar Menteri ESDM Sudirman Said pada acara Groundbreaking Pembangunan Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Prabumulih, Senin (21/3).

Penurunan subsidi LPG ini, lanjut dia, lebih baik digunakan untuk sektor-sektor yang lebih produktif seperti pembangunan infrastruktur, sekolah, sarana kesehatan dan sebagainya. Subsidi sebaiknya dinikmati oleh masyarakat yang berhak menerimanya.

"Dari waktu ke waktu, Pemerintah terus menjaga agar subsidi betul-betul jatuh kepada masyarakat yang berhak dan dari waktu ke waktu, masyarakat menengah yang sudah punya kemampuan, bisa menghilangkan subsidi itu," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja menambahkan, penu

runan subsidi LPG dengan adanya pembangunan jargas ini nilainya memang belum signifikan.Jumlah rumah tangga di Indonesia mencapai 60 juta, sementara tabung LPG ukuran 3 kg yang telah dibagikan mencapai 58 juta tabung. Meski demikian, jika pembangunan jargas dilakukan sesuai dengan rencana maka subsidi LPG pasti terus menurun. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.