Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi Terus Berjalan

Bekasi, Pemerintah terus mendukung peningkatan pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan infrastruktur seperti pipa gas dan SBPG. Meski mengalami sejumlah kendala, namun hingga saat ini pembangunan infrastruktur gas bumi tersebut masih berjalan lancar. Hal ini terungkap dalam kunjungan kerja Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja ke lokasi pembangunan pipa gas dan SPBG di Bekasi, Kamis (12/11).

Kunjungan ke lokasi pembangunan ini, bertujuan untuk melihat dan mengetahui secara langsung progress pembangunan pipa gas dan SPBG serta berdialog dengan para pelaksana di lapangan agar dapat diketahui kendala yang dihadapi serta dukungan yang dibutuhkan dari Pemerintah. Misalnya, mempermudah proses perizinan.

Mendampingi Wiratmaja dalam acara tersebut, antara lain Vice President Operation, Asset and Subsidiary Management Pertamina, M. Taufik Afianto; Ast. Manager CNG Transportation Ryrien Marisa; PPK Pembangunan Jargas Pipa Bekasi dan Semarang serta Gas Transportation Module, M. Robbi Fidzikrillah; PPK SPBG-3 Area Pembangunan Jawa Barat Bagian Jabodetabek, Rusdi Abdurrahman.

Pipa gas Bekasi merupakan salah satu proyek Engineering Procurement and Constructions (EPC)Pipa Semarang dan Bekasi yang akan dibangun sepanjang 6 km, mulai dari Pulogebang hingga ke Jalan Ir. H. Juanda. Proyek ini mulai dikerjakan pada akhir Agustus 2015 lalu dan ditargetkan akan selesai pada Desember akhir tahun ini.

Sedangkan dua SPBG yang dikunjungi adalah Bekasi Mother Station (MS) dan Bekasi Online Station (OS). Bekasi Mother Station terletak di Jalan Ir. H. Juanda, dekat dengan Terminal Bekasi. Sementara, Bekasi Online Station merupakan proyek pembongkaran SPBU 34-175-27 yang terletak di Jalan Pilar Protokol Kalimalang, Cikarang Barat. Kedua SPBG ini ditargetkan rampung pada Desember 2015.

Dalam kunjungan ini, Wiratmaja menyampaikan harapannya agar proyek infrastruktur gas yang dibangun PT Pertamina ini berjalan lancar dan sesuai target sehingga masyarakat dapat segera merasakan dampak positif pembangunan proyek tersebut.

Pembangunan pipa gas dan SPBG ini merupakan bagian dari rencana pembangunan infrastruktur tahun 2015 yaitu:

    1.Pembangunan 22 SPBG (hingga saat ini telah dibangun 18 SPBG)

    2.Jaringan Pipa Bekasi

    3.Jaringan Pipa Semarang

    4.Gas Transportation Module (GTM)

    5.Pipa Transmisi Jaringan Gas Bumi di Lhoksukon

    6.Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Lhoksukon

    7.Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga di Pekanbaru. (NOK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.