Pasokan BBM dan LPG Aman Terkendali

Jakarta, Setelah pekan sebelumnya mengunjungi TBBM Ujung Berung di Bandung dan TBBM Cikampek, Minggu (3/7) malam, Menteri ESDM Sudirman Said  mendatangi TBBM Plumpang guna memastikan ketersediaan pasokan BBM dan LPG dalam keadaan aman selama libur Hari Raya Idul Fitri. Menteri ESDM bersyukur, tidak ada masalah yang serius terkait terkait pasokan BBM dan LPG.

"Semenjak Posko BBM dibuka,  tidak ada  masalah yang serius mengenai kelangkaan dan kekurangan pasokan BBM dan LPG. Hampir setap hari saya berkomunikasi dengan Pak Bambang dan tadi ada sedikit concern di Brebes. Dan memang dilihat polanya, dari Jakarta orang membawa bekal yang cukup penuh.  Nah ketika ada kemacetan di Pejagan dan Cirebon, mulai kusut, ada kritikel poin karena belum sempet keluar dari supply MOR Semarang. Di situlah yang masa-masa kritis di mana orang belum keluar tol dan ada kekhawatiran akan kehabisan BBM," papar Sudirman Said yang dalam kunjungan ke TBBM Plumpang diterima oleh Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto dan Direktur Pemasaran Ahamd Bambang.

Sudirman melanjutkan, mulai dari arus mudik hingga balik nanti, sambungan antara jalan tol dan daerah Tegal-Pemalang hingga ke arah Timur, menjadi perhatian khusus Pemerintah terkait pasokan BBM. Namun dari berbagai penjelasan yang diperoleh dari kunjungan ke berbagai TBBM, Mentri ESDM berkeyakinan bahwa sinergi yang baik telah dilakukan PT Pertamina dan terbukti ketika di daerah Brebes membutuhkan pasokan BBM, langsung dapat ditangani.

Menteri ESDM juga bersyukur bahwa rendahnya harga minyak dunia dapat digunakan oleh masyarakat sebagai momentum untuk beralih ke BBM yang lebih baik dan lebih bersih seperti Pertalite dan Pertama. Berdasarkan laporan Pertamina, konsumsi 2 jenis BBM tersebut memang mengalami peningkatan pesat.

"Ini adalah suatu tren yang baik. Jadi terus kita dorong konsumsi yang makin hari makin baik. Kita bersyukur dengan adanya IT dari waktu ke waktu, perjuangan membereskan depot ini menjadi bersih dan terang dan bisa  dimonitor dengan IT," tambah Sudirman.

Mendampingi Menteri ESDM dalam  kunjungan tersebut, Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Djoko Siswanto, Direktur Pembinaan Program Migas Agus Cahyono Adi serta Kapuskom ESDM Sujatmiko. (AN)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.