Nelayan Cilacap Dapat Konverter Kit Gratis

Cilacap, Sebanyak 902 orang nelayan yang memiliki kapal  berkapasitas di bawah 5 GT di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memperoleh paket  konverter kit secara gratis dari Pemerintah, Rabu (19/10). Pembagian konverter kit di kota ini, dilakukan di 2 tempat yaitu Cilacap bagian Timur sebanyak 336 paket  dan Cilacap bagian Barat sebanyak 556 paket.

Pembagian konverter kit di Kabupaten Cilacap ini, dihadiri  oleh Anggota Komisi VII  DPR Komisi VII Dito Ganinduto, Bupati Cilacap Tatto Suharto Pamudji, Kepala Sub Direktorat Pembangunan dan Pengawasan Pembangunan Infrastruktur Migas Ahmat Wahyu Wardono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Cilacap Supriyanto dan pihak terkait lainnya.

Untuk Cilacap bagian Timur, paket konverter kit telah dibagikan di 3 kecamatan yaitu Cilacap Selatan, Cilacap Tengah dan Cilacap Utara, sejak  8 Oktober 2016 dan rampung 19 Oktober. Pembagian konverter kit di daerah ini, dipusatkan di Desa Tritikuloh Donan.

Sedangkan di Cilacap bagian Barat,  konverter kit dibagikan dari  tinggal 19 Oktober sampai 3 November 2016. Sebanyak 5 kecamatan yang memperoleh  konverter kit di Desa Buluhpayung yaitu Kecamatan Patimuan, Kecamatan Kedungreja, Kecamatan Bantar Sari, Kecamatan Sidareja dan Kecamatan Kampung Laut. Pembagian konverter kit dipusatkan di Desa Buluhpayung.

Pembagian konverter kit ini disambut gembira oleh para nelayan karena dapat menekan  pengeluaran. Menurut Warsito (60), ia dapat menghemat 2 kali lipat  dibanding menggunakan BBM. "Saya sangat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah membantu memberikan mesin dan 2 tabung LPG 3 kg. Saya berharap teman-teman kami yang belum mendapatkan segera secepatnya mendapatkan," katanya.

Senior Supervisor Komunikasi LPG dan gas  Pertamina Pusat, Abdul Hanan, mengatakan,  Pertamina berencana  akan membangun 3  titik pangkalan di Cilacap dan khusus di Tritikulon akan ada satu titik pangkalan khusus untuk nelayan. Dengan demikian,  nelayan dapat membeli gas dengan harga dengan harga HET sebesar Rp 15.500.

Abdul melanjutkan,  pihaknya  akan memberikan  alokasi khusus untuk nelayan terkait pembelian LPG  tersebut. "Kami rencananya akan jatahkan setiap nelayan dapat membeli 2 tabung dalam sehari. Tapi dalam implementasinya kelihatannya,  nelayan dapat melaut satu tabung bisa 7 hari ada juga yang 3 hari. Kita anggarkan per hari 2 buah tabung LPG 3 kg," kata Abdul, di Desa Tritikulon, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah.

Pada tahun ini, Pemerintah membagikan 5.473 paket konverter kit di 10 daerah yaitu DKI Jakarta, Bekasi, Cirebon, Pemalang, Demak, Sukabumi, Cilacap, Gresik. Tuban dan Karang Asem. (DK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.