Menteri Jonan Hadiri ICEF ke 6

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan memimpin Delegasi RI pada pertemuan the 6th Indonesia-China Energy Forum (ICEF ke-6) di Beijing, RRT, 6-8 Juli 2019. Hadir pula pada pertemuan ini, Duta Besar RI untuk RRT, pejabat Eselon I Kementerian ESDM serta pimpinan BUMN sektor energi dan sumber daya mineral.

ICEF ke-6 merupakan implementasi dan tindak lanjut MoU mengenai kerja sama energi antara Kementerian ESDM dan National Energy Administration yang ditandatangani pada pertemuan ICEF ke-5 tanggal 13 November 2017 di Jakarta.

Pertemuan ICEF ke-6 terbagi dalam dua sesi yaitu sesi 1 dengan topik kelistrikan dan energi terbarukan serta sesi 2 dengan topik migas dan batubara. Pada sesi 2 terkait migas dan batubara, pertemuan membahas sejumlah sub topik termasuk diantaranya peluang kerja sama di sektor migas Indonesia, peluang bisnis gas antara Indonesia dan RRT, serta perkembangan terkini infrastruktur gas di RRT.

Beberapa potensi dan peluang kerja sama yang dapat dipetakan dari pertemuan ini adalah pengembangan industri pipa gas dalam negeri dengan grup China National Petroleum Corporation, pengembangan bisnis LNG untuk memenuhi kebutuhan LNG di RRT, dan joint study lapangan migas dengan skema gross split.

Delegasi ICEF ke-6 juga melaksanakan kunjungan lapangan ke National Wind, PV Storage and Transmission Demonstration Project and the Comprehensive Control Center milik State Grid Corporation yang terletak di Zhangijakou City pada hari ke-2 (9/7). Fasilitas ini memiliki kapasitas 100 MW PV dan 500 MW wind serta 75 MW storage. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.