Menteri ESDM Wisuda 475 Mahasiswa STEM Akamigas Cepu

Cepu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mewisuda 475 mahasiswa Sekolah Tinggi Energi dan Sumber Daya Mineral (STEM “Akamigas”) tahun akademik 2014/2015, Jumat (10/7). Wisudawan ini berasal dari 5 Program Studi STEM Akamigas, yaitu Teknik Produksi Gas, Teknik Pengolahan Migas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang dan Logistik Migas.

Acara wisuda ini juga dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III dan IV di lingkungan KESDM, SKK Migas, BPH Migas, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Blora, Kabupaten Bojonegoro, PT Pertaina, PT PGN serta perguruan tinggi di sekitar Cepu.

Para wisudawan berasal dari seluruh Indonesia, beberapa di antaranya merupakan PNS di lingkungan Kementerian ESDM, Pemprov, Pemkot/Pemkab serta pegawai dari PT Pertamina, PT PGN, Vico, HCML, Sampoerna Foundation dan perusahaan yang bergerak di sektor migas dan pertambangan lainnya.

Mengawali sambutannya dalam acara tersebut, Sudirman Said mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di STEM Akamigas dengan baik. Dia berharap agar STEM Akamigas lebih antisipatif dalam menjawab perkembangan masyarakat industri pengelola serta pemakai ESDM di tingkat Nasional maupun Internasional. “STEM ke depan harus bisa meningkatkan jangkauan yang lebih luas dan mampu melakukan terobosan baru yang sesuai dengan kepentingan di sektor ESDM," paparnya.

Menteri ESDM juga berpesan agar Akamigas mengembangkan program studi yang sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan di sektor ESDM. Salah satunya adalah dengan menyusun program pendidikan di bidang panas bumi, tetapi harus mendapat dukungan dari stakeholders, terutama perusahaan- perusahaan di bidang panas bumi dan Asosiasi Panas Bumi Indonesia (API).

"Saya minta Akamigas dapat bekerja sama dengan asosiasi dan perusahaan-perusahaan panas bumi untuk mendesain jenis dan bentuk pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan minimal 5 tahun ke depan," katanya.

STEM Akamigas Cepu merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian ESDM yang merupakan pengembangan atau peningkatan status dari Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS). STEM Akamigas melaksanakan program berjenjang Diploma I, Diploma II, Diploma III, dan Diploma IV. Jumlah masing-masing wisudawan program jenjang DI adalah sebanyak 146 orang, DII sebanyak 139 orang, DIII sebanyak 132 orang dan DIV sebanyak 58 orang.

“Saya ingin Anda semua menjadi teladan bagi keluarga, menjadi pilar bagi pertumbuhan keluarga. Kalau tidak mau dicatat sebagai pejuang bangsa, sekurang-kurangnya tidak pernah dicatat sebagai perusak negara. Tantangan kita saat ini adalah penegakan hukum, korupsi dan kita harus melakukan yang terbaik untuk mengatasi permasalahan bangsa tersebut”, ungkap Sudirman. (NOK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.