Menteri ESDM Resmikan Terminal BBM AKR di Bitung

Bitung, Dalam rangka meningkatkan ketahanan energi nasional dan memperlancar pembangunan infrastruktur energi di wilayah Timur Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, meresmikan tangki terminal BBM PT AKR Corporation Tbk., yang berlokasi di Kelurahan Wangurer Timur, Kecamatan Madidir, Kamis (17/12).

Acara peresmian yang berlangsung di Bitung, Sulawesi Utara, tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Soni Sumarsono, Direktur Jenderal Migas IGN Wiratmaja Puja, Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng serta Dewan Komisaris dan Direksi AKR.

Tangki terminal PT AKR meliputi fasilitas penyimpanan baru dan perluasan fasilitas di 5 lokasi dengan kapasitas total 90.000 KL yang terbagi dalam 21 tangki. Selain meresmikan pengoperasian 21 terminal tersebut, bersamaan diresmikian pula perluasan 2 terminal perseroan yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Pontianak, Kalimantan Barat.

Mengawali sambutan dalam acara tersebut, Menteri ESDM, Sudirman Said, mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat berbahagia mendapatkan kesempatan tersebut sekaligus merasa bangga serta gembira karena direksi PT AKR Corporindo Tbk, telah menunjukan kesungguhan dan komitmennya dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur penyimpanan BBM untuk mendukung kegiatan izin usaha niaga Bahan Bakar Minyak.

Tangki terminal baru yang diresmikan pengoperasiannya oleh Menteri ESDM tersebut terdapat di Bitung, Sulut sebanyak 7 unit tangki dengan kapasitas total 30.500 KL, lokasi selanjutnya di Palaran, Kaltim 3 unit tangki kapasitas total 15.000 KL dan terakhir di terminal di Gabion, Medan sebanyak 3 unit tangki kapasitas total 15.000 KL, sedangkan untuk 2 tangki perluasan, 6 unit tangki kapasitas total 19.500 KL di Pontianak, Kalimantan Barat dan 2 unit tangki kapasitas total 10.000 KL di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

PT AKR Corporindomerupakan salah satu perusahaan swasta nasional pemegang Izin Usaha Niaga Umum BBM telah menanamkan investasi sebesar US$ 15 juta untuk Proyek Pembangunan Terminal BBM di Stagen Kotabaru mampu menyerap tenaga kerja sekitar 200 orang.

Presiden Direktur PT AKR CorporindoTbk., Haryanto Adikoesoemo dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan, “AKR menyatakan siap untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal pemenuhan energi yang efektif, efisien dan tepat.”

Peresmian ini menandai berbagai hal termasuk diantaranya bahwa PT AKR Corporindo telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dengan memberi kesempatan kerja lebih luas kepada masyarakat, memberikan peningkatan ketahanan energi serta komitmen pihak swasta dalam membantu program Pemerintah untuk terus-menerus membangun infrastruktur energi di Indonesia, khususnya wilayah timur. (NOK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.