Menteri ESDM Pimpin Upacara HUT RI ke 70


Jakarta, Menteri ESDM Sudirman Said memimpin upacaraHari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 70 di Kementerian ESDM, Senin (17/8).Dalam kesempatan itu, Menteri juga menyerahkan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya, 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun serta SK Kenaikan Pangkat dan pemberian bantuan pendidikan bagi yang kurang mampu.

Mengawali sambutannya Sudirman Said mengatakan, peringatan HUT Kemerdekan merupakan momentum untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berterima kasih kepada para pahlawan dan saat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Serta yang terpenting adalah saat untuk meneladani pikiran tindakan perilaku para pahlawan. “Dalam rangka mengenang, meneladani, pikiran, tindakan dan perilaku mereka, saya ingin membacakan isi pidato lengkap Bung Karno pada hari Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945,” tambah Sudirman.

Sudirman menambahkan, “Kita bayangkan pada waktu itu, tidak ada Kementerian, tidak ada kepanitian resmi, tapi seorang Bung Karno bisa membacakan, bisa mengatakan, merumuskan dan menyampaikan teks sekuat ini,” katanya dan selanjutnya membacakan pidato Bung Karno.

Sementara itu pada sambutannya Menteri ESDM mengatakan, dalam 10 bulan terakhir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah melakukan berbagai perubahan-perubahan yang mendapat respon positif dari masyarakat. Perubahan kearah lebih baik bukan tuntutan pimpinan, namun merupakan tuntutan zaman. Pihak-pihak yang menghalangi perubahan, pada akhirnya akan disingkirkan oleh perkembangan zaman.

“Saat kita mulai mendorong perubahan, saya bergembira karena respon dari pemimpin-pemimpin Kementerian ESDM menyambut positif dan mereka merasakan betul adanya perubahan-perubahan yang sifatnya mendasar. Tidak saja dari sisi kinerja,tetapi juga dari sisi tata cara kita mengurus berbagai macam persoalan,” ujar Sudirman.

Menurut dia, masyarakat mengapresiasi berbagai hal yang sudah dilakukan seperti sifat keterbukaan dan kemudahan untuk berdialog dengan stakeholder. Selain itu juga upaya untuk menghilangkan praktek-praktek yang kurang terpuji, meskipun belum seluruhnya dapat diselesaikan tetapi secara kuantitatif dan kualitatif sudah jauh berkurang.

Ditambahkannya, di bidang kinerja saat ini, capaian yang mendapat apresiasi antara lainpengalihan subsidi kepada kegiatan yang lebih produktif dan program pengadaan listrik 35.000 MW. Selain itu, pengalihan perijinan satu pintu kepada BKPM.

“PTSP merupakan pencapaian penting, di mana 605 perijinan kita sudah kita pangkas dan hampir seluruh perijinan sudah kita alihkan ke BKPM. Itu artinya kita sangat pro reformasi, sangat mendukung usaha-usaha perbaikan penyederhanaan yang memudahkan investasi,” tuturnya. (SF)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.