Menteri ESDM Lepas Mudik Bersama Pegawai di Lingkungan KESDM

Jakarta, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan melepas para pegawai di lingkungan Kementerian ESDM yang mudik bersama, Kamis siang (22/6). Penyelenggaraan mudik bersama ini merupakan bentuk perhatian pimpinan untuk para pegawai golongan 1 dan 2, tenaga honorer, satpam dan office boy (OB) di lingkungan Kementerian ESDM.

Mudik bersama KESDM dilakukan di 2 tempat yaitu di Jakarta dan Bandung. Untuk wilayah Jakarta sebanyak 25 unit bus dengan kapasitas 1.224 orang dan untuk wilayah Bandung sebanyak 4 unit bus dengan kapasitas 190 kursi yang diberangkatkan dari halaman parkir Gedung Badan Geologi sejak pukul 08.00 WIB.

Dalam arahannya, Menteri ESDM meminta para supir bus agar tetap berhati-hati dalam perjalanan serta beristirahat sejenak apabila merasa kurang sehat dan mengantuk. "Kan biasanya kalau mudik itu mengejar waktu tapi waktunya jangan dikejar. Nanti kalau terjadi gangguan itu malah lebih lama. Kalau dirasa mengantuk atau gangguan kesehatan pengemudi tidak usah dipaksa. Sebaiknya diumumkan ke penumpang supaya berhenti dulu atau beristirahat dan sebagainya," ujar Jonan.

Agar perjalanan berjalan lancar, para sopir bus ini sebelumnya telah menjalani pemeriksaan kesehatan. Menteri Jonan juga sempat mengecek perlengkapan keamanan bus. "Yang paling penting itu supaya bisa selamat sampai tujuan. Yang jamnya kalau terlambat sedikit dan sebagainya, mestinya tidak terlalu bermasalah. Daripada nanti ngebut, nanti malah ada gangguan atau halangan dan sebagainya," pesan Jonan.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji dalam laporannya mengatakan, angkutan Lebaran ini disediakan secara gratis untuk para pegawai golongan 1 dan 2 serta tenaga honorer yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halaman masing masing. "Khusus kepada pegawai yang sudah berkeluarga, kami berikan tempat duduk maksimal 4 orang yaitu untuk pegawai yang bersangkutan ditambah istri dan 2 orang anak," papar Teguh.

Tema yang diangkat mudik bersama 2017 ini adalah "Mudik Bareng Guyub Rukun" merupakan tema yang digunakan untuk seluruh Kementerian dan Lembaga di Indonesia untuk menyambut Idul Fitri 2017. Mudik Bareng Guyub Rukun merupakan refleksi kepedulian, kebersamaan, kerukunan serta berangkat dari akar budaya Pancasila, serta mencerminkan nilai-nilai pancasila yang sejatinya hidup dalam masyarakat Indonesia.

Dalam penyediaan angkutan untuk mudik bersama ini, Kementerian ESDM bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di lingkungan ESDM yaitu PT Pertamina menyediakan 6 unit bus dengan kapasitas 330 kursi, PT PGN Tbk menyediakan 6 unit bus dengan kapasitas 240 kursi, PT PLN menyediakan 6 unit bus dengan kapasitas 300 kursi, PT Tambang Batubara Bukit Asam menyediakan 5 unit bus dengan kapasitas 250 kursi, PT Tambang Timah menyediakan 3 unit bus dengan kapasitas150 kursi dan PT Antam menyediakan 3 unit bus dengan kapasitas 144 kursi. (DK)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.