Menteri ESDM Kunjungi Warga Pengguna Gas Bumi

Prabumulih, Menteri ESDM Sudirman Said melakukan kunjungan kerja selama dua hari, 20-21 Maret, ke Kota Prabumulih. Mengawali kegiatannya di kota tersebut, dengan didampingi Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dan Walikota Prabumulih Ridho Yahya, Menteri ESDM berkunjung dan berdialog dengan warga yang rumahnya telah teraliri gas bumi serta memasak telur mata sapi.

Dalam dialognya dengan masyarakat, Menteri ESDM menanyakan manfaat dan kendala yang dihadapi masyarakat selama menggunakan gas bumi. Secara umum, masyarakat mengaku merasa senang dapat menikmati gas bumi yang lebih bersih, murah harganya serta mudah digunakan.

Kepada wartawan usai kunjungan tersebut Sudirman mengatakan, pembangunan jaringan distribusi gas bumi merupakan salah satu upaya Pemerintah menyediakan energi yang lebih baik untuk masyarakat. Ke depan, Pemerintah akan meningkatkan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di daerah-daerah yang memiliki atau dekat dengan sumber gas bumi.

"Kota-kota yang memiliki akses ke jaringan gas akan kita percepat (pembangunannya) supaya masyarakat bisa mendapatkan manfaat gas bumi," katanya.

Untuk tahun 2016, Pemerintah akan membangun 88.918 sambungan rumah (SR) senilai Rp 1,194 triliun yang terbagi di 5 kota yaitu Prabumulih, Tarakan, Surabaya, Cilegon dan Batam. Pembangunan terbesar dilakukan di Prabumulih sebanyak 32.000 SR senilai Rp 493, 5 miliar.

Kementerian ESDM menunjukkan PT Pertamina untuk membangun serta mengelola jargas dan SPBG di Kota Prabumulih yang ditargetkan selesai pada akhir December 2016. Suplai gas diperoleh dari sumur Pertamina EP dan PT Tropik Energi Pandan. (TW)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.