Menteri Ekonomi ASEAN Bahas Isu Internal dan Eksternal ASEAN

Jakarta, Pertemuan ASEAN Economic Minister (AEM)-Retreat ke-25 telah berlangsung pada 22-23 April 2019 di Phuket, Thailand. Pertemuan dipimpin oleh Deputy Minister of Ministry of Commerce Thailand dan dihadiri oleh Menteri atau Pejabat setingkat Menteri dari negara anggota ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Pertemuan membahas berbagai isu internal ASEAN. Salah satu diantaranya adalah penyataan sikap bersama ASEAN kepada Uni Eropa. Para Menteri Ekonomi ASEAN sepakat bahwa ASEAN harus memiliki posisi yang sama dalam suatu pernyataan sikap bersama menghadapi langkah proteksionis Uni Eropa yang akhir-akhir ini dirasa menghambat akses paasr produk ekspor dari ASEAN. Para Menteri ASEAN juga sepakat agar perwakilan masing-masing negara anggota ASEAN di Jenewa dapat menyuarakan sikap ini di forum WTO.

Untuk isu eksternal ASEAN, para Menteri Ekonomi ASEAN sepakat untuk memastikan penyelesaian perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RECP) pada akhir tahun 2019 sesuai arahan KTT RCEP tahun lalu di Singapura. Untuk itu, perundingan RCEP harus segera menyelesaikan isu-isu sensitif sebelum KTT ASEAN ke-34.

Terkait isu WTO, AEM sepakat bahwa reformasi WTO sangat diperlukan agar mampu menjawab perkembangan dan kebutuhan anggotanya. Pernyataan bersama ASEAN terkait hal ini rencananya akan dibahas pada saat KTT ASEAN ke-34 di bulan Juni 2019. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.