LEMIGAS Jaga Profesionalisme PPC Crude Oil di Indonesia

Berita

Jakarta, LEMIGAS gelar Workshop Pembekalan Kompetensi dan Sertifikasi Petugas Pengambil Contoh (PPC) Crude Oil pada tanggal 1 sd 3 Juli 2024, bertempat di komplek perkantoran LEMIGAS, Jakarta.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan, dan diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari 14 perusahaan minyak dan gas bumi di Indonesia. Kegiatan sertifikasi ini, berkerjasama dengan LSP PPSDM Migas.

"Kegiatan workshop ini merupakan langkah strategis dalam implementasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 5 Tahun 2015 tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia di Bidang Usaha Minyak dan Gas Bumi Secara Wajib,” ujar Kepala LEMIGAS Mustafid Gunawan dalam sambutannya, Jakarta, Senin (1/7).

Peraturan tersebut mengamanatkan bahwa seluruh tenaga kerja di sektor minyak dan gas bumi, harus memiliki sertifikasi kompetensi yang diakui secara nasional.
“Sebagai lembaga di bawah Kementerian ESDM yang memiliki kompetensi dalam hal pengujian minyak dan gas bumi, LEMIGAS berperan dalam memastikan setiap petugas pengambil contoh crude oil memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai standar yang ditetapkan," tambah Mustafid.

Workshop ini dirancang untuk memberikan pembekalan yang komprehensif kepada para peserta, mencakup teori dan praktik pengambilan contoh crude oil yang benar dan aman. Dengan workshop ini, diharapkan para Petugas Pengambil Contoh memiliki keterampilan dan pengetahuan, serta sikap kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

“Kami berharap melalui workshop ini, para peserta dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugasnya," pungkas Mustafid.
Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.