Kunjungan Kerja Dirjen Migas ke Jawa Timur

Surabaya, Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Rabu (22/6). Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan pasokan BBM dan LPG oleh Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V dalam menghadapi  Hari Raya Idul Fitri 2016 serta perkembangan pembangunan jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga di Surabaya.

Dalam kunjungannya ke kantor Pertamina MOR V dan terima oleh General Manager MOR V Pertamina Surabaya Ageng Giriyono. Wiratmaja mengatakan, dalam menghadapi libur Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah perlu mengetahui ketersediaan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara. “Pasti akan dibutuhkan BBM terutama yang sangat banyak dan LPG dalam menghadapi Lebaran.  Saya juga ingin mendengarkan bagaimana kesiapan dan pola konsumsi selama ini di MOR V," katanya.

Untuk memastikan kesiapan Pertamina dalam menyiapkan pasokan BBM dan LPG, lanjut di Wirat, Pemerintah akan melakukan peninjauan ke berbagai terminal BBM, antara lain di Surabaya, Cikampek dan Padalarang.

Pada kesempatan tersebut, secara umum Ageng Giriyono menyatakan kesiapan Pertamina MOR V dalam penyediaan BBM dan LPG selama libur Hari Raya Idul Fitri. Dia memperkirakan, akan terjadi lonjakan permintaan sekitar 20% untuk bensin Premium. Namun untuk minyak Solar, diperkirakan terjadi penurunan permintaan sekitar 8% karena adanya larangan beroperasi bagi truk-truk mulai H-5 hingga H+3 setelah hari raya.

Dirjen Migas selanjutnya berkesempatan meninjau fasilitas Terminal BBM di Tanjung Perak. Kunjungan kerja diakhiri dengan kunjungan ke Kampung Malang untuk mengetahui perkembangan pembangunan jargas di Surabaya. Pada tahun ini, direncanakan akan dibangun 24.000 sambungan rumah (SR). (AN)


 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.