Kontrak Pemenang WK Migas Tahap II Diteken November

Jakarta, Pemerintah telah menetapkan pemenang lelang wilayah kerja (WK)  migas tahap II tahun 2018 yaitu WK South Jambi B  oleh Hong Kong Jindi Group Co.,  dan WK Banyumas oleh PT Minarak Brantas Gas, Senin (22/10).  Kontrak kerja sama dengan skema gross split rencananya akan dilakukan akhir November mendatang.

Total bonus tandatangan (signature bonus) yang diperoleh Pemerintah sebesar US$ 5.500.000, serta komitmen pasti sebesar US$ 64.000.000 yang meliputi kegiatan G&G US$ 1.000.000, survey seismik 2D 300 km, seismik 3D 400 km2 dan pemboran 4 sumur.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam acara pengumuman pemenang lelang di Kementerian ESDM tersebut, meminta baik Pemerintah maupun KKKS dapat membahas kontrak kerja sama ini dengan baik, sehingga dapat ditandatangani sesuai target yaitu pada November mendatang. Dia juga mengharapkan agar KKKS dapat mengelola bloknya secara maksimal sehingga  dapat meningkatkan produksi migas.

‘Kami berharap kalian (KKKS) melakukan yang terbaik dalam mengelola blok ini dan yang kami butuhkan bukan (semata-mata) signature bonus, melainkan hasil produksi yang lebih besar dibandingkan produksi saat ini,” kata Arcandra.

Sementara itu terkait WK Makassar Strait yang gagal dimenangkan oleh ENI, menurut Wamen ESDM, lantaran ada persyaratan yang tidak dapat dipenuhi oleh perusahaan migas asal Italia tersebut. ‘Dari sisi komersial tidak ada masalah. Ada persyaratan yang tidak dipenuhi sehingga penawaran ENI dengan sendirinya gugur,” jelas Wamen.

Dia melanjutkan, sebelumnya telah dilakukan diskusi antara Pemerintah dengan ENI dan selanjutnya diputuskan tidak ada pemenang di WK tersebut. “Kita sudah diskusi dan akhirnya ini keputusan terbaik dari Pemerintah,” tegasnya.

Untuk tahun 2018, sebanyak 6 blok migas laku dalam lelang yang dilaksanakan Pemerintah. Rencananya pada pekan depan, akan dilakukan lelang migas tahap III tahun 2018. WK yang akan ditawarkan dalam lelang tersebut merupakan WK joint study.

“Minggu depan akan ada   round 3 yang terdiri dari blok-blok yang sudah atau pernah melakukan joint study. Kita berharap (lelang) yang minggu depan kita buka, akan kita tutup sebelum akhir tahun ini sehingga pemenangnya  dapat kita tentukan sebelum berakhirnya tahun,” kata Arcandra. (NOK)

 

 

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.