Komite Negosiasi Perdagangan RCEP Berunding di Pertemuan ke-25

Jakarta, The 25th Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Trade Negotiating Committee (TNC) dan pertemuan-pertemuan terkait lainnya telah dilaksanakan di Bali pada tanggal 19-28 Februari 2019. Pertemuan TNC dilaksanakan secara paralel dengan Working Group (WG) Trade in Goods, WG Trade in Services, WG Investment, Intellectual Property, Electronic Commerce, serta Legal and Institutional issues.

Pertemuan TNC ke-25 dipimpin oleh Indonesia, sedangkan bertindak selaku fasilitator untuk mitra FTA ASEAN adalah Australia. Fokus putaran kali ini adalah membuat kemajuan dalam pembahasan akses pasar dan teks negosiasi. Para perunding juga bertekad untuk mencapai target penyelesaian RCEP yang modern, komprehensif, berkualitas dan bermanfaat pada tahun ini sebagaimana telah disepakati pada KTT di Singapura tahun 2018 lalu.

Tiga sesi pertemuan dengan para pemangku kepentingan juga diselenggarakan pada 15 Februari dengan perwakilan dari sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil. Sesi ini diikuti oleh TNC dan WG on investment and electronic commerce untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat sipil dan swasta berbagi pandangan dan harapan mereka atas RCEP.

Sebagai informasi, RCEP adalah bentuk kerja sama ekonomi dan perdagangan di kawasan ASEAN dengan enam negara mitra ekonominya yakni Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Australia, dan Selandia Baru. RCEP mencakup pembahasan perdagangan barang, jasa, investasi, kerja sama ekonomi dan teknis, kompetisi, dan berbagai isu ekonomi lainnya. Pertemuan TNC selanjutnya direncanakan pada 28 Juni – 3 Juli 2019 di Melbourne, Australia. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.