KESDM Berpartisipasi Pada Nusantara Expo 2015

Banda Aceh, Kementerian ESDM turut berpartisipasi pada Nusantara Expo 2015 yang merupakan puncak dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara 2015 yang dilaksanakan di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh. Nusantara Expo resmi dibukaRabu (9/12), oleh Gubernur Aceh Zaini Abdullah dengan didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian (Litbang) ESDM FX. Sutijastoto.

Gubernur Aceh dalam sambutannya menjelaskan, sejarah membuktikan bahwa Indonesia telah lama menjadi negara maritim dan Aceh merupakan pintu masuk dengan posisinya di mulut Selat Malaka. Melalui peringatan Hari Nusantara ini, diharapkan agar Indonesia dapat memantapkan posisinya sebagai poros maritim dunia, sekaligus memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Indonesia memiliki kekayaan energi dan sumber daya alam yang luar biasa dan ini harus dikelola dengan optimal demi kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan,” katanya.

Potensi maritim Indonesia yang sangat bagus ini, tutur Zaini, pengelolaannya harus didukung semua pihak sehingga dapat lebih berkembang sekaligus menjaga kedaulatan bangsa agar tidak tercabik-cabik oleh bangsa lain.

Saat mengunjungi booth Kementerian ESDM, Gubernur Aceh mendapat penjelasan dari Kabalitbang perihal maket Kapal Riset Geomarin III milik Kementerian ESDM. “Geomarin III dioperasikan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPPGL) Kementerian ESDM. Kapal ini melaksanakan tugas survei dan pemetaan geologi kelautan dalam mendukung sektor Energi dan Sumber Daya Mineral sebagai bagian integral dari pembangunan nasional,” ujar Sutijastoto.

Pentingnya sektor ESDM pada Nusantara Expo 2015 ini tercermin pada tema yang diusung, yakni “Kekayaan Energi dan Sumber Daya Mineral Kelautan Mendukung Poros Maritim Guna Mewujudkan Kekayaan dan Kemakmuran Bangsa”.

Nusantara Expo 2015 ini dikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas Kementerian, BUMN, BUMD, swasta, hingga pelaku industri kreatif dan akan berlangsung hingga Minggu, (13/12). (ITC)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.