Kementerian ESDM Luncurkan Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4 dan Logo Keselamatan Migas

Bandung, Dalam rangkaian acara Forum Komunikasi (Forkom) Keselamatan Migas Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral c.q Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi tanggal 3-4 November 2022 di Mason Pine Hotel, Bandung, Jawa Barat, dilakukan Peluncuran Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4 dan Logo Keselamatan Migas.

Peluncuran Buku Atlas Keselamatan Migas dilakukan oleh Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji yang sekaligus   secara simbolis menyerahkan buku tersebut kepada beberapa badan usaha migas.

“Atlas Keselamatan Migas adalah sebuah  buku yang secara rutin diterbitkan oleh Ditjen Migas yang saat ini sudah memasuki  volume ke 4. Dalam buku Atlas terdapat hasil investigasi kejadian kecelakaan di  industri migas dan pembelajaran yang dapat diambil (lesson learned) dari setiap  kejadian,” ungkap Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra pada hari kedua Forkom Keselamatan Migas Tahun 2022, Jumat (4/11).

Buku Atlas Keselamatan Migas juga memuat kajian teknis terkait  keselamatan migas yang setiap volumenya menyuguhkan kajian-kajian terbaru, teknologi terkini, dan pembahasan terkait keselamatan migas dari para praktisi.

 

Bedah Buku Atlas Keselamatan Volume 4 telah dilaksanakan pada hari Kamis (3/11)  dengan menghadirkan narasumber dari Ditjen Migas dan praktisi. Bedah buku menyuguhkan pembahasan terkait perlindungan infrastruktur informasi vital, ilness  fatality dan ageing facilities. 

Dirjen Migas mengapresiasi peluncuran buku ini karena dapat menambah pengetahuan tentang kegiatan usaha migas. “Peluncuran buku ini merupakan budaya yang bagus. Menurut saya, apabila peluncuran buku itu terus berlanjut dari tahun ke tahun, akan menjadi akumulasi pengetahuan dan pengalaman. Menjadi lesson learned untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan yang tidak perlu,” kata dia.

Selain buku, dalam ajang ini juga dilakukan peluncuran Logo Keselamatan Migas sebagai bentuk komitmen Ditjen Migas sebagai pengayom dalam operasi migas demi terciptanya kegiatan operasi migas yang aman, andal dan akrab lingkungan.

Dalam rangkaian acara Forkom Keselamatan Migas, dilakukan Penandatanganan  Komitmen Keselamatan Migas. “Kami mengharapkan komitmen para Kepala Teknik untuk dapat senantiasa mengedepankan keselamatan migas dengan penandatanganan komitmen keselamatan migas. Komitmen ini menjadi sebuah janji kita bersama untuk selalu mengoperasikan migas dengan aman, andal dan ramah lingkungan,” tegas Tutuka.

Forkom Keselamatan Migas Tahun 2022 mengusung tema “Peran Keselamatan Migas dalam Era Transisi Energi”. Forum ini merupakan forum  atau wadah diskusi, pertukaran  informasi, pengalaman dan teknologi serta penganugerahan penghargaan Keselamatan Migas. Forkom Keselamatan Migas telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan terakhir digelar tahun 2017  di Palembang.

Tujuan acara Forkom Keselamatan Migas  adalah meningkatkan pemahaman dan kerja sama  dengan Badan  Usaha (BU)/Bentuk Usaha Tetap (BUT)  dan industri penunjang  di  kegiatan  usaha  migas  dan sinergi antarstakeholder subsektor  migas  dalam membudayakan keselamatan  migas di era transisi energi.

Selain itu, Forkom Keselamatan Migas merupakan wujud komitmen Kementerian  ESDM c.q. Ditjen Migas untuk menyampaikan laporan Keselamatan Migas sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 1973 tentang Pengaturan dan  Pengawasan Keselamatan Kerja di Bidang Pertambangan.

Rangkaian acara Forkom Keselamatan Migas 2022, pada hari pertama tanggal 3 November 2022 diisi dengan Diskusi CCS-CCUS, Bedah Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4, serta pengumuman Lomba Desain Poster/Video Reels Keselamatan Migas.

Sedangkan pada hari kedua tanggal 4 November 2022, rangkaian acaranya adalah Diskusi Dekarbonisasi Migas, Diskusi Teknologi Pendukung Penurunan Rumah Kaca, Penghargaan Keselamatan Migas, Peluncuran Buku Atlas Keselamatan Migas Volume 4, Penandatanganan Komitmen Keselamatan Migas dan Peluncuran Logo Keselamatan Migas. (TW/KDB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.