Jelang Puncak Hari Nusantara, Menteri ESDM Lakukan Gerakan Bersih Pantai

Banda Aceh, Menjelang puncak Peringatan Hari Nusantara ke15 Tahun 2015 yang akan diselenggarakan Minggu (13/12), di Pelabuhan Perikanan Samudra Lampulo, Banda Aceh, Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal beserta masyarakat laksanakan Gerakan Bersih Pantai (Pesisir Berseri) dan Penanaman Mangrove di pesisir pantai di kawasan sekitar komplek Makam Syiah Kuala. Sabtu (12/12).


Dalam sambutannya sebelum melaksanakan bersih pantai, Menteri ESDM mengatakan, sudah lama bangsa Indonesia “memunggungi” laut dan menempatkan air di halaman belakang. Sekarang ini waktunya kita menempatkan laut di halaman depan sebagai tempat di mana kita berinteraksi dan beraktifitas.

Hal tersebut dimungkinkan karena laut Indonesia sangat luas jika dibandingkan luas daratan sehingga dianggap tidak penting. Padahal, orang-orang yang tidak memiliki lautan melihat laut begitu bergairah.”Kita bergairah melihat mall, sehingga laut ditempatkan sebagai punggung yang kemudian tidak dijaga optimalisasi pemanfaatanya” urai Sudriman.

“Kegiatan bersih pantai dan penanam mangrove ini akan menjadi simbol kita sayang pada laut kita, dan mari kita bersama masyarakat bergotong royong membersihkan dan menjadi simbol bagaimana kita nanti memanfaatkan halaman depan kita,” ujar Sudirman.

Sudirman melanjutkan, kita sering diingatkan untuk mulai berpikir membangun dari tempat-tempat yang selama ini tidak diperhatikan.” Ayo kita budayakan, kita biasakan kegiatan seperti ini. Laut harus kita jadikan halaman depan, tidak boleh dipunggungi dan kalau kita sayang, kita jaga kebersihannya dan dijadikan tempat aktifitas masyarakat,” pungkas Sudirman. (SF)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.