Indonesia Buka Akses Pasar dengan Mauritius

Jakarta, Pertemuan Indonesia-Africa Forum pada bulan April 2018 menjadi inisiasi bagi Indonesia untuk menjajaki kerja sama dengan negara-negara di Afrika khususnya dalam upaya meningkatkan akses pasar dan kerja sama ekonomi.

Mauiritius menjadi salah satu opsi bagi Indonesia untuk dijadikan mitra negara non-tradisional dan menjadi hub distribusi produk-produk Indonesia di kawasan Afrika.

Sebagai tindak lanjut, kedua negara telah melaksanakan Preliminary Discussions atas rencana pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) pada Februari 2019 lalu. PTA umumnya hanya dibatasi pada perdagangan barang antara kedua pihak.

PTA dengan Mauritius yang ekonominya relatif di bawah Indonesia diharapkan akan mendorong lebih banyak ekspor dibandingkan impor.

Sebagai informasi, Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia. Mauritius telah berkembang menjadi ekonomi dengan pendapatan sedang dan negara demokrasi yang relatif stabil. Mauritius menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di Afrika. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.