HUT RI ke-78, Dorong Semangat Perjuangan Pegawai Ditjen Migas melalui Keandalan Pasokan Energi

Jakarta, Keluarga besar Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi melaksanakan apel upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 yang tahun ini mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" di dua lokasi yang berbeda, yaitu di Stasiun ESDM – Proyek Pembangunan Pipa Transmisi Gas Cirebon – Semarang (CISEM) Tahap I (Ruas Semarang-Batang) dan di Kantor Ditjen Migas Lemigas, Cipulir, Jakarta Selatan.

Untuk upacara peringatan HUT RI ke-78 yang diadakan di Kantor Ditjen Migas Lemigas, bertindak sebagai pembina upacara Sekretaris Direktorat Jenderal Migas Setyorini Tri Hutami. Dalam arahannya, Setyorini mengajak seluruh elemen bangsa agar menjadikan momentum HUT RI ini untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum selesai, Kamis (17/8).

"Melalui peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ini kami mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Seperti lomba estafet sarung yang telah kita lakukan beberapa hari lalu dan lomba estafet air yang akan kita lakukan hari ini, yang merefleksikan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi serta sinkronisasi irama gerak dan sinergi pikiran, dari tiap-tiap pelari untuk satu tujuan. Ini adalah momentum yang memberikan energi gerak untuk bangsa Indonesia, agar terus melaju. Ada semangat perjuangan sebagai energi gerak yang progresif," papar Setyorini.

Kementerian ESDM sesuai dengan Pasal 33 UUD 1945, mempunyai tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam dan komoditas energi yang menguasai hajat hidup orang banyak untuk dikelola secara berkeadilan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat.

Upaya mewujudkan Indonesia Maju 2045, di sektor energi dan sumber daya mineral harus dilaksanakan dengan memastikan pasokan energi yang cukup, hilirisasi industri, aksessibilitas energi di seluruh lapisan masyarakat, dan transformasi energi melalui komitmen serius terhadap tren global penggunaan energi dunia dalam rangka mitigasi dampak gas rumah kaca.

“Komitmen Indonesia menuju net zero emissions tahun 2060 merupakan sebagian dari transformasi yang diperlukan dalam upaya menjadi negara maju di tahun 2045. Upaya ini meliputi diversifikasi ekonomi dari konsentrasi sumber daya alam, pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia yang didorong oleh pengetahuan, teknologi dan inovasi, serta dengan memanfaatkan keunggulan kompetitif pada berbagai rantai nilai energi bersih”, lanjut Setyorini.

Ssaat ini, di Indonesia masih banyak masyarakat yang belum menikmati listrik sama sekali, masih ada juga yang belum menikmati harga BBM yang terjangkau. Selain itu, masyarakat yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya juga menghadapi fakta bahwa indeks kualitas polusi udara yang sudah masuk dalam kategori tidak sehat, maka diperlukan upaya nyata untuk mewujudkan energi bersih.

“Hal-hal tersebut hanya merupakan sebagian kecil tantangan yang kita hadapi. Masih banyak lagi tantangan dan permasalahan bangsa ini yang harus kita dan untuk menyelesaikan untuk menyelesaikan permasalahan itu diperlukan suatu lompatan inovasi birokrasi. Hal ini juga harusnya dijadikan pecutan bagi anak bangsa Indonesia, khususnya bagi ASN Ditjen Migas, sebagai aktualisasi kekuatan diri melalui perubahan pola pikir, sikap dan perilaku secara merdeka dan lebih kompetitif, berintegritas, serta bekerja untuk kemakmuran rakyat dalam menghadapi persaingan global," ujar Setyorini.

Di akhir sambutannya, Setyorini juga meminta kepada seluruh pegawai Ditjen Migas untuk bekerja dengan lebih efektif, dan mewujudkan efisiensi serta tetap optimis dalam memandang masa depan. Pegawai Ditjen Migas harus tetap solid dalam bekerja dengan tetap memegang nilai-nilai (values) yang harus dimiliki oleh setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-78 kali ini selain upacara, Ditjen Migas juga mengadakan berbagai macam lomba bagi pegawai antar unit Eselon II di lingkungan Ditjen Migas seperti lomba estafet sarung, catur, winning eleven/FIFA 2023, tenis meja, bulutangkis, gaple, karaoke, e-Sport Mobile Legend dan PUBG, serta estafet air. (KDB)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.