Genap 20 Tahun Kontribusi ACE di ASEAN

Jakarta, Didirikan pada 1 Januari 1999, ASEAN Centre for Energy (ACE) adalah sebuah organisasi antar pemerintah di dalam struktur ASEAN yang mewakili kepentingan 10 Negara Anggota ASEAN di sektor energi. ACE bertugas mempercepat integrasi strategi energi di ASEAN dengan memberikan informasi yang relevan dan keahlian untuk memastikan keharmonisan antara kebijakan dan program energi dengan pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan di kawasan.

ACE berada di bawah arahan Governing Council yang terdiri dari Pejabat Senior Energi dari setiap Negara Anggota ASEAN dan perwakilan Sekretariat ASEAN.

Selain menjadi ASEAN think tank di sektor energi, ACE juga bertindak sebagai pusat data dan hub pengetahuan bagi Negara Anggota ASEAN. Visi ACE adalah menjadi katalis bagi pertumbuhan ekonomi dan integrasi kawasan ASEAN melalui inisiasi dan fasilitasi kolaborasi multilateral sekaligus aktivitas bersama dan kolektif di bidang energi.

Tahun ini ACE juga merekrut Executive Director yang baru, Dr. Nuki Agya Utama, yang berkebangsaan Indonesia. ACE memiliki empat manajer serta sejumlah staf teknis dan staf administrasi. ACE saat ini berkantor di Jakarta, Indonesia.

Tahun ini, ACE merayakan hari jadi yang ke-20 dengan mengeluarkan sebuah publikasi ACE’s 20th Anniversary sebagai pengingat perjalanan ACE dalam mendorong pembangunan sektor energi di ASEAN serta sebagai motivasi untuk memperkuat kerja sama regional dan internasional. Publikasi ini dapat diunduh di laman resmi www.aseanenergy.org. ACE akan terus memainkan peran sebagai platform berbagi informasi, berbagi keahlian, dan aksi bersama. (AS)

Kementerian ESDM
Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi
Gedung Ibnu Sutowo St. H.R Rasuna Said Kav. B-5, Jakarta 129100
Telp: 021-5268910. Fax: 021-5268979.
Media Sosial
Call Center
136
Copyright © 2024. Kementerian ESDM Ditjen Migas. All Rights Reserved.